Jawabanmu

2014-05-05T21:55:12+07:00
1.Alkulturasi Seni Bangunan(arsitektur).
Perpaduan konsep punden berundak-undak yang merupakan konsep bangunan asli indonesia dari zaman megalitikum,karena mendapat pengaruh hindu budha dari india sehingga tercipta konsep bangunan baru(candi).
Contohnya: konsep candi borobudur bertingkat 3,yakni:
1.Kamadhatu
2.Rupadhatu
3.Arupadhatu
2.Alkulturasi Seni Sastra.
Prasasti-prasasti awal menunjukkan pengaruh Hindu-Budha di Indonesia, seperti yang ditemukan di Kalimantan Timur, Sriwijaya, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Prasasti itu ditulis dalam bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa
Contoh lain:Bharatayudha (Empu Sedah panuluh) yang merupakan saduran dari Mahabarata (India).

3.Alkulturasi Seni Rupa.
Unsur seni rupa dan seni lukis India telah masuk ke Indonesia.hal ini terbukti dengan ditemukannya patung Budha berlanggam Gandara di kota Bangun, Kutai. Juga patung Budha berlanggam Amarawati ditemukan di Sikendeng (Sulawesi Selatan). Pada Candi Borobudur tampak adanya seni rupa India, dengan ditemukannya relief-relief ceritera Sang Budha Gautama. Relief pada Candi Borobudur pada umumnya lebih menunjukan suasana alam Indonesia, terlihat dengan adanya lukisan rumah panggung dan hiasan burung merpati. Di samping itu, juga terdapat hiasan perahu bercadik. Lukisan-lukisan tersebut merupakan lukisan asli Indonesia, karena tidak pernah ditemukan pada candi-candi yang terdapat di India. Juga relief pada Candi Prambanan yang memuat cerita Ramayana.

4.Alkulturasi di Pemerintahan.
Setelah masuknya pengaruh Hindu-Budha, tata pemerintahan disesuaikan dengan sistem kepala pemerintahan yang berkembang di India. Seorang kepala pemerintahan bukan lagi seorang kepala suku, melainkan seorang raja, yang memerintah wilayah kerajaannya secara turun temurun.namun dengan struktur di bawahnya masih asli Indonesia.

5.Alkulturasi Sistem Kalender.
Diadopsinya sistem kalender atau penanggalan India di Indonesia merupakan wujud dari akulturasi, yaitu terlihat dengan adanya penggunaan tahun Saka di Indonesia. Di samping itu, juga ditemukan Candra Sangkala atau konogram dalam usaha memperingati peristiwa dengan tahun atau kalender Saka. Candra Sangkala adala angka huruf berupa susunan kalimat atau gambar kata.
Contoh tahun Candra Sangkala: “Sirna Ilang Kertaning Bumi” sama dengan1400 (tahun saka) dan sama dengan 1478 Masehi.


Pada permulaan tarikh masehi, di Benua Asia terdapat dua negeri besar yang tingkat peradabannya dianggap sudah tinggi, yaitu India dan Cina. Kedua negeri ini menjalin hubungan ekonomi dan perdagangan yang baik. Arus lalu lintas perdagangan dan pelayaran berlangsung melalui jalan darat dan laut. Salah satu jalur lalu lintas laut yang dilewati India-Cina adalah Selat Malaka. Indonesia yang terletak di jalur posisi silang dua benua dan dua samudera, serta berada di dekat Selat Malaka memiliki keuntungan,
1 3 1
2014-05-05T22:03:20+07:00
1. Banyaknya tata cara Hindu yang dipakai dalam sistem reliji di Indonesia misalnya bakar kemenyan, meditasi, dan tahlilan merupakan akulturasi dari agama Hindu 
2. Banyak diketemukan prasasti-prasasti di daerah Jakarta, karawang, dan bogor sebagai peninggalan Tarumanagara : Prasasti Ciareuten, Prasasti Kebonkopi, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Jambu di Bogor, Prasasti Tugu di Cilincing Jakarta, candi Segaran dan Telaga Jaya di Baturaja Karawang. 
3. Ada Budha dan Hindu, tapi yang paling dominan adalah Budha Mahayana 
4.Sailendra membangun candi-candi dalam waktu yang cukup lama, misalnya borobudur aja dibangun dalam waktu 50 tahun (yang membangun, Samaratungga, tidak sempat menikmati hasilnya karena keburu meninggal)