Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-01-23T20:54:55+07:00
Jarum kompas terbuat dari logam yang bermagnet. Bila magnet dapat bergerak bebas maka arahnya bisa dipengaruhi oleh medan magnet lainnya. Pada bumi terdapat magnet raksasa, dimana pada arah utara terdapat kutub magnet bumi selatan, sedangkan pada arah selatan terdapat kutub magnet bumi utara. Seperti kita ketahui bahwa pada magnet terjadi tarik menarik antara kutub yang tidak senama (kutub magnet utara tarik menarik dengan kutub magnet selatan). Sehingga kutub magnet utara dari kompas tertarik oleh kutub selatan bumi (yang ada di utara). Oleh karena itu kompas selalu menunjukkan arah utara selatan.
Tapi tidak demikian kalau anda bawa kompas tepat diatas daerah kutub magnet bumi (baik utara maupun selatan), kompas akan menunjukkan atas bawah. Hal ini dikarenakan medan magnet pada daerah ini tegak arahnya.
21 4 21
2014-01-23T20:55:35+07:00
Pada bumi terdapat magnet raksasa, dimana pada arah utara terdapat kutub magnet bumi selatan, sedangkan pada arah selatan terdapat kutub magnet bumi utara. Seperti kita ketahui bahwa pada magnet terjadi tarik menarik antara kutub yang tidak senama (kutub magnet utara tarik menarik dengan kutub magnet selatan). Sehingga kutub magnet utara dari kompas tertarik oleh kutub selatan bumi (yang ada di utara). Oleh karena itu kompas selalu menunjukkan arah utara selatan.

23 4 23