Gerak Sadar

Gerak sadar adalah gerakan yang dikontrol oleh pusat kesadaran. Pada gerak itu, otakmu memberi perintah kepada otot-otot untuk melakukan gerakan tersebut. Jalannya impuls pada gerak sadar adalah sebagai berikut:

impuls dari reseptor → neuron sensorik → pusat saraf (otak) → respon efektor → neuron motorik → efektor (gerak anggota tubuh).
pada intinya terletak pada pusat pengendaliannya
kembar

Jawabanmu

2014-05-05T17:01:37+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Gerak refleks rangsangannya tidak diolah oleh otak tetapi oleh sumsum tulang belakang (medula spinalis)
Skema : Rangsangan -> neuron sensorik -> sumsum tulang belakang (medula spinalis) -> neuron motorik -> efektor -> gerak

Gerak biasa rangsangannya diolah otak terlebih dahulu
Skema : Rangsangan -> reseptor -> neuron sensorik -> otak -> neuron motorik -> efektor -> gerak

29 3 29
Jawaban paling cerdas!
2014-05-05T17:02:04+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Gerak refleks adalah gerak yang tidak disadari dan sistem sara pusatnya berada di sumsum tulang belakang
Sementara gerak sadar adalah gerak yang disadari dan sistem saraf pusatnya berada di otak
46 3 46
Jadikan jawaban ini sebagai yang terbaik
Jadikan jawaban ini sebagai yang terbaik !
Jadikan jawaban ini sebagai yang terbaik