Berapa mL larutan H2SO4 1 M harus ditambahkan kedalam 500mL akuades supaya pHnya menjadi 3? (perubahan volume karena penambahan larutan H2SO4 dapat diabaikan) tolong dengan cara dan hitungannya

2
Tolong dipilih jawaban yang terbaik ya, nanti 25% poin kembali pada mu

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-01-23T21:02:31+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
M H2SO4 sebesar 1 M kita anggap M1
Volume air kita jadikan V2 = 500 mL

M1 = 1 M
V2 = 500 mL
pH setelah penambahan = 3
valensi asam sulfat = 2 (lihat saja jumlah atom H)

pertama kita cari [H+] asam sulfat 1 M (sebelum penambahan)
[H+] = Ma x Va = 1 x 2 = 2 M ............... kita jadikan sebagai [H+]1

Kedua kita cari [H+] setelah penambahan :)
pH = 3
maka [H+] = 10^-3 ............................. kita jadikan [H+]2

kemudian gunakan rumus ini
[H+]1 . V1 = [H+]2 . V2
2 x V1 = 10^-3  x 500........................ ^ dibaca pangkat
V1 =0,5 / 2 = 0,25 ml

semoga bisa membantu :)

kasih 5 star jika jawaban saya adalah terbaik buat agan :)
semoga membantu,
semangat belajar ya :)
27 4 27
terima kasih gan.. gan tolong 1 lagi dong gan

suatu larutan amonia(larutan A) mempunyai pH=11. larutan lain (larutan B) dibuat dengan mencampurkan 10 mL larutan A dengan 90 mL air. akhirnya larutan C dibuat dengan mengencerkan 10 mL larutan B hingga 100 mL. jika diketahui Kb NH3=1x10^ -5 tentukanlah pH larutan B dan C.. mohon dengan caranya.. makasih
mantap jawabannya
2014-01-23T21:52:57+07:00
H2SO4 1M..supaya pH menjadi 3 ditambahkan berapa mL ke aquades 500 mL. gunakan rumus pengenceran. H2SO4 1M dianggap sebagai M1 dan V1 yang ditanyakan. supaya pH 3 berarti konsentrasi H^+ adalah 10^-3 sehingga konsentrasi H2SO4 menjadi 1/2 dari 10^-3 atau 5 x 10^-4 ( ini dianggap M2 ) serta V2= 500 mL..
jadi V1. M1 = V2. M2
       V1. 1  =  500. 5. 10^-4
         V1= 25 x 10^-2 = 0,25 mL jadi volume H2SO4 yang ditambahkan ke dalam 500 mL aquades adalah 0,25 mL.
2 3 2
kalau ini

suatu larutan amonia(larutan A) mempunyai pH=11. larutan lain (larutan B) dibuat dengan mencampurkan 10 mL larutan A dengan 90 mL air. akhirnya larutan C dibuat dengan mengencerkan 10 mL larutan B hingga 100 mL. jika diketahui Kb NH3=1x10^ -5 tentukanlah pH larutan B dan C.. mohon dengan caranya.. makasih
langkah 1: karena amonia adalah basa maka pH = 14-11= 10^-3 ...konsentrasi amonia 10^-3 M.
langkah 2: larutan B mempunyai konsentrasi sebesar 10^-4 M ini didapat dengan cara rumus pengenceran V1. M1= V2. M2= 10.10^3= 100 M2, jadi diperoleh M2 sebesar 10^-4 M
langkah 3: larutan C di hitung dengan cara yang sama...10. 10^-4= 100. M2 ,maka M2= 10^-5 M inilah konsentrasi zat C. mudah"an betul ya...mau donk di kasih jawaban terbaik