Jawabanmu

2014-05-05T11:50:31+07:00
Ar^2=32
ar^5=-4
r^3=-1/8
r = -1/2
ar^2=32
a.1/4=32
a=128
S=a(1-r^n)/1-r
S=128(1-1/512)/1-1/2
S=255.5

maaf jika salah
Jawaban paling cerdas!
2014-05-05T12:11:48+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal :
Diketahui Barisan geometri dengan suku ke-3 dan suku ke-6 berturut-turut 32 dan -4. jumlah 9 suku pertama barisan tersebut adalah..
Jawaban :
Rumus Umum :
U_{n} = a.r^{(n-1)}

Maka Untuk suku ke 3 :
U_{3} = a.r^{(3-1)}=32

U_{3} = a.r^{2}=32

Untuk suku ke 6 :
U_{6} = a.r^{(6-1)}=-4

U_{6} = a.r^{5}=-4

Sehingga Untuk nilai "a" dan "r", subtitusi data pada suku ke 3 ke data pada suku ke 6 :
a.r⁵ = - 4          (uraikan),sehingga :
a.r².r³ = - 4        (subtitusi nilai a.r² dengan 32),sehingga :
32.r³ = - 4
r³ = - 4/- 32       (masing-masing bagi 4),sehingga :
r³ = 1/8
r = ∛(1/8)
r = 1/2

Sehingga Untuk nilai a :
a.r² = 32
a.(1/2)² = 32
a.(1/4) = 32
a = 32 × 4
a = 128

Maka Untuk Jumlah 9 suku pertama :
S_{n} =  \frac{a.(r^{n}-1)}{r-1}

S_{9} =  \frac{128.(( \frac{1}{2} )^{9}-1)}{( \frac{1}{2} )-1}

S_{9} =  \frac{128.(( \frac{1}{512} )-1)}{( \frac{1}{2} )-1}

S_{9} =  \frac{128.( -\frac{511}{512} )}{(- \frac{1}{2} )}

S_{9} =  \frac{-\frac{65408}{512}}{(- \frac{1}{2} )}

S_{9} = \frac{-65408 \times -2}{512}

S_{9} =  \frac{130816}{512}

S_{9} =  255,5
Maaf, tadi ada yg salah tulis S10 seharusnya S9, sudah saya ganti, coba check kembali ya dengan refresh halaman webnya.
Makasih ya, semoga membantu :)