1.Apa beda negara persatuan dengan negara persatuan? 2.Untuk mewujudkan persatuan,para pendiri negara kita lebih memilih bentuk negara indonesia adalah kesatuan bukan federal/serikat.Mengapa demikian? 3.bahwa indonesia merupakan negara kepulauan yg bercirikan nusantara,jelaskan apa yang dimaksud?? 4.Apa pentingnya atau manfaatnya kita miliki wawasan nusantara?? 5.Berikan contoh perilaku yang menunjukan komitmen kita terhadap NKRI??

2

Jawabanmu

2014-05-05T09:58:39+07:00
1) Negara kesatuan 
Negaranya bersifat satu, bukan merupakan banyak negara yang bersatu.Biasanya memiliki peraturan induk yang berlaku di seluruh penjuru negara. Dan hubungan dalam ke dalam, dalam ke luar, serta luar ke dalam negaranya diatur oleh pusat. Daerah-daerahnya biasanya merupakan provinsi, yang biasanya memiliki perda tersendiri yang hanya berlaku di daerah (provinsi) tersebut. 
Contoh : Indonesia 

Negara persatuan 
Negaranya bersifat perserikatan, yang biasanya terdiri atas negara, dependensi, persemakmuran, atau bahkan koloni seberang yang berserikat menjadi satu negara. Negara serikat, biasanya hanya berwenang mengurus hubungan luar negeri negara saja, sehingga biasanya negara-negara di dalam negara serikat memiliki undang-undang negaranya sendiri untuk mengatur hal-hal dalam negaranya. Sehingga, hukum suatu negara bagian satu dengan yang lain dapat berbeda. Maksudnya, misalnya di negara bag. X mencuri dikenakan hukum 2 tahun penjara, di negara bag. Y bisa dikenakan hukum 3 tahun penjara. 
Contoh : Amerika Serikat 

2) karena Indonesia terdiri dari jajaran ribuan pulau yang 
mempunyai masyarakat plural dimana memiliki bermacam-macam budaya, suku bangsa, 
dan agama. Terdapat lima agama besar yang dianut oleh masyarakat Indonesia, yaitu: 
Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Budha, diantara lima agama tersebut tercatat lebih 
dari 90% penduduk Indonesia memeluk agama Islam, dan itu membuat Indonesia 
menduduki peringkat pertama di dunia diantara negara-negara lain sebagai negara yang 
mayoritas penduduknya beragama Islam.. 
maka Indonesia merupakan negara berbentuk kesatuan

3)Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang.Pasal ini merupakan penjelasan lebih lanjut yang lebih menjabarkan kedaulatan Negara Republik Indonesia secara geografis, yaitu sebagai Negara kepulauan yang bercirikan nusantara.

4) Fungsi Wawasan NusantaraWawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggara Negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bernsyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3 4 3
2014-05-05T10:19:00+07:00
1negara persatuan negara yang diusahakan untuk bersatu 
dan egara kesatuan adalah negra berkonsep bersatu
2.agar memiliki semangat bersatu dan berkedaulatan ke dalam
3.berarti mempunyai banyak pulau dan hasil persatuan
4.manfaatnnya mengetahui keadaan persatuan dahulu negara kita.
5.memberantas korupsi.
1 5 1