Jawabanmu

2014-05-04T22:09:26+07:00
Gelombang Tekanan sepertinya bagi orang ipa hal ini sudah dipelajari sejak smp yaitu pada pelajaran fisika. Kali ini saya ingin membahas mengenai apa yang dimaksud dengan tekanan yang akan kita kembangkan pada pengukuran tekanan untuk artikel selanjutnya. Sepertinya yang telah saya tuliskan pada artikel sebelumnya mengenai 4 elemen utama yang diukur pada proses. Definisi Tekanan Tekanan adalah perbandingan antara gaya dorong (Force) dengan luas penampang (Area). Rumus Tekanan P=F/A P = tekanan (pressure) dalam (N/m2) atau Pascals (Pa) atau dalam satuan dasar (kg/ms2) F = gaya (force) dalam Newtons (N) atau dalam satuan dasar (kgm/s2) A = luas dalam (m2)
Penjelasan : Pada gambar diatas kedua benda tersebut  memiliki massa yang sama yaitu 100 lb (pounds) dan berbentuk prisma segiempat. Pada gambar pertama alas yang besar dengan luas 100 sq inc menempel pada sebuah permukaan berapakah tekanan yang terjadi pada permukaan tersebut?? P=F/A  =100/100   = 1 lb/in2 Sedangkan pada benda sebelahnya alas yang terbesar dibalik sehingga alas yang terkecil yang menyetuh permukaan dengan luas alas 1 sq inc (square inches) .maka berapakah tekanan yang terjadi pada permukaan benda ini?? P=F/A =100/1  = 100 lb/in2 Sehingga kita dapat menarik kesimpulan pada ilustrasi gambar diatas tekanan dipengaruhi oleh massa benda dan permukaan alas suatu benda.


jadi gelombang tekanan itu apa ya? kenapa jawabannya gak sesuai sama pertanyaan?
2014-05-04T22:11:30+07:00
 Definisi Tekanan Tekanan adalah perbandingan antara gaya dorong (Force) dengan luas penampang (Area). Rumus Tekanan P=F/A P = tekanan (pressure) dalam (N/m2) atau Pascals (Pa) atau dalam satuan dasar (kg/ms2) F = gaya (force) dalam Newtons (N) atau dalam satuan dasar (kgm/s2) A = luas dalam (m2)