Jawabanmu

2014-05-04T21:06:26+07:00
Karena rakyat sipadan dan ligitan itu sendiri tak ingin berada di bawah kekuasaan indonesia. Mereka bertekad ingin membuat tanah air sendiri.
2014-05-04T21:16:52+07:00
1. Indonesia gagal menunjukkan bahwa Belanda pernah menguasai pulau tersebut, sedangkan Malaysia berhasil menunjukkan dokumen dimana Inggris pernah menjajah dan mengelola pulau itu. Menurut hukum "Uti Possidetis Juris", negara baru akan memiliki wilayah sama dengan bekas wilayah penjajahnya. Sebenarnya Mahkamah Internasional tahu kalau Belanda pernah memiliki pulau tersebut. Sayangnya, waktu itu Belanda "menelantarkan" pulau tersebut, sedangkan Inggris aktif mengusahakan pulau itu, seperti usaha perlindungan burung, pajak pemungutan telur penyu, dan operasi mercusuar.

2. Faktor pendudukan. Selama bertahun-tahun, fasilitas-fasilitas yang ada di pulau tersebut adalah milik Malaysia. Mulai dari transportasi, bantuan ekonomi, hingga sarana hiburan seperti siaran televisi dan radio berasal dari Malaysia. Indonesia tidak memiliki andil apapun terhadap proses pembangunan yang terjadi di pulau tersebut.