Jawabanmu

2014-05-04T21:00:39+07:00
Bungong jeumpa 
Beberapa ahli sejarah mengaitkan lagu Bungong Jeumpa berkaitan dengan Kerajaan Jeumpa, Aceh, berdasarkan Ikhtisar Radja Jeumpa yang ditulis Ibrahim Abduh yang disadurnya dari hikayat Radja Jeumpa. Kerajaan Jeumpa adalah sebuah kerajaan yang berkembang pada sekitar abad ke-7 Masehi. Berada di sekitar daerah perbukitan, mulai dari sisi sungai Peudada di sebelah barat sampai Pante Krueng Peusangan di sebelah timur.  Istana Raja Jeumpa sendiri terletak di desa Blang Seupeueng yang dipagari di sebelah utara, sekarang disebut Cot Cibrek Pintoe Ubeuet.



sarinande
Sedekat yang saya tahu, lagu tersebut mengenai salah satu tradisi Maluku dulu yang mana jika sebelum memasuki jenjang pernikahan, gadis-gadis diuji keterampilannya dalam bidang kewanitaan.
Jaman dulu para gadis diuji keterampilan memasaknya. Meniup api di depan tungku memerlukan kesabaran dan sikap rendah hati.
Sarinande adalah seorang gadis yang beranjak dewasa. Ibunya melihat mata Sarinande dalam keadaan bengkak matanya, menandakan bahwa ia belum bisa meniup api. Esok ia dapat mecobanya lagi.

Hal tersebut dalam lagu, diilustrasikan dengan seorang gadis meniup api di depan tungku sehingga mengepulkan asap. Ibunya datang menghampirinya.
39 4 39
2014-05-04T21:01:38+07:00
Sarinande= gadis yg beranjak dewasa , ibunya lihat matanya bengkak,menandakan blum bisa niup api, bsok ia dapat coba lagi bungog jeumpa=keindahan aceh

21 3 21
, kurang koma , bungog jeumpa= keindahan aceh