Jawabanmu

2014-05-04T16:39:26+07:00
Unsur Intrinsik meliputi :1.Tema.Tema adalah ide pokok sebuah cerita yang dijadikannya sumber cerita atau bahan utama cerita.2. Alur (Plot)Alur (plot) merupakan pola pengembangan cerita  yang terbentuk oleh hubungan sebab-akibat.Dilihat dari segi keeratan hubungan antarperistiwa, plot dibedakan menjadi dua, yaitu plot erat dan plot linggar. Sebuah cerita memiliki plot erat apabila hubungan antarperistiwa terjalin sangat padu dan padat sehingga tak ada satu peristiwa pun yang dapat dihilangkan. Sebaliknya, sebuah cerita memiliki plot longgar apabila hubungan antarperistiwa terjalin kurang erat sehingga ada bagian-bagian peristiwa yang dapat dihilangkan dan penghilangan itu tidak akan mengganggu jalannya cerita.Secara  umum, alur terbagi ke dalam bagian-bagian berikut :a.       Pengenalan situasi cerita (exposition)Dalam bagian ini pengarang memperkenalkan para tokoh, menata adegan, dan menjelaskan hubungan antartokoh.b.      Pengungkapan peristiwa (complication)Dalam bagian ini disajikan peristiwa awal yang menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya.c.       Menuju konflik (rising action)Terjadi peningkatan perhatian, kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan berbagi situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh.d.      Puncak Konflik (turning point)Bagian ini disebut pula sebagai klimaks. Inilah bagian cerita yang paling besar dan  mendebarkan. Pada bagian ini pula ditentukan perubahan nasib beberapa tokoh Misalnya, apakah dia berhasil menyelesaikan masalahnya atau gagal.
e.       Penyelesaian (ending)Sebagai akhir cerita, bagian ini berisi penjelasan tentang nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami peristiwa  puncak itu. Ada pula cerpen yang penyelesaian akhir ceritanya diserahkan kepada imajinasi pembaca. Jadi, akhir ceritanya dibiarkan menggantung tanpa ada penyelesaian.Berdasarkan periode pengembangannya, alur cerpen dapat dikelompokkan sebagai berikut.
Alur normal                 : (1)-(2)-(3)-(4)-(5)

Contoh : Hanya mengandung alur maju saja, atau mundur saja.
Alur maju : Bawang putih mawang merah 

Kalo ceritanya ngisahin dari sekarang trus mundur ke masa lalu, berarti itu "alur mundur" 
2014-05-04T16:40:20+07:00
Kalau judulnya sih saya tidak tahu. Tapi biasanya yang menggunakan alur normal (1-2-3-4-5) itu cerpen yang menceritakan tentang persahabatan.
1 5 1