Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-04T15:46:18+07:00
Contoh seperti ini :
Harga dua baju dan satu kaos Rp 170.000,00, sedangkan harga satu baju dan tiga kaos Rp 185.000,00. Harga tiga baju dan dua kaos adalah …..
a. Rp 275.000,00 c. Rp 305.000,00
b. Rp 285.000,00 d. Rp 320.000,00
Pembahasan :
Diketahui : Harga dua baju dan satu kaos Rp 170.000,00
Harga satu baju dan tiga kaos Rp 185.000,00
Ditanya : harga tiga baju dan dua kaos ?
Soal ini merupakan persamaan sistem persamaan linier.
Misalkan harga 1 baju = x dan harga 1 kaos = y, maka permasalahan di atas dapat dinyatakan dalam sistem persamaan linier sebagai berikut :
2x + y = 170.000
x + 3y = 185.000
Penyelesaian dari dua persamaan di atas sebagai berikut :
2x + y = 170.000   ×1        2x + y = 170.000
x + 3y = 185.000   ×2       2x + 6y = 370.000     (kurangkan)
—————
- 5y = – 200.000
y = 40.000
Substitusikan y = 40.000 ke: 2x + y = 170.000, maka :
2x + y = 170.000
2x + 40.000 = 170.000
2x = 130.000
x = 65.000
Penyelesaian masalah: Harga 3 baju dan 2 kaos adalah = 3x + 2y
= 3(65.000) + 2(40.000)
= Rp 275.000,00
Jawaban: A


semoga membantu ^_^

2 5 2
2014-05-04T15:51:35+07:00
Baju = a
kaos = b

3a + 2b = 130.000 | x 1 | 3a + 2b = 130.000
1a + 3b =   90.000 | x 3 | 3a + 9b = 270.000 _
                                           - 7b = - 140.000
                                               b =  20.000

1a + 3b = 90.000
1a + (3 x 20.000) = 90.000
1a + 60.000 = 90.000
a = 90.000 - 60.000
a = 30.000

Jadi harga 1 baju adalah Rp 30.000 dan harga 1 kaos adalah Rp 20.000