Bagaimana cara menengerjakan soal dibawah ini !

1. Larutan jenuh x(OH)2 dalam larutan yang memiliki pH=9 . Ksp x(OH)2 adalah ?

2. Jika tiap liter larutan jenuh PbSO4 mengandung 1,52 gram PbSO4 (ArPb=208; S=32; dan O=16) dalam air adalah ?

3. Pada suhu tertentu kelarutan PbCl2 dalam air 2,5 x 10^-5 M, maka hasil kali kelarutannya Ksp adalah ?

2

Jawabanmu

2014-05-04T15:16:04+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.  x(OH)2 ----------> x + 2oh
     s                   2s     s
ph=9
poh=5=M=s
lalu ksp = s x (2s)^2
      ksp = 5 x 100
      ksp = 5x10^2

2. Pbso4---------------> pb + so4
      s                        s      s

n=m/mr
n=1.52/304=5x10^-3
s=5x10^-3/v
s nya gk di ketahui gk bisa di cari

3.ksp= s x 4s^3
        = 2.5 x 10^-5 x 4 x 15.625 x 10^-15
        = 156.25 x 10^-20

soal nya aneh banget, udh ketik" cape nih, give a thanks please hehehehhe 
thanks! manstap betul
sorry kak salah hehehehe
baru masuk materi juga sih hehehhehe
Jawaban paling cerdas!
2014-05-04T15:57:33+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. pH = 9 artinya adalah OH- dari larutan tersebut adalah OH- sb patokan untuk menghitung Ksp, kenapa? karena jenuh maksudnya adalah kelarutan salah satu ionya adalah setara koefisien dengan ion yang lain,
so 
pH = 9 --> pOH = 5
so... [OH^{-} ] = 10^{-5} M
so...tulis kesetimbangannya...
__X(OH)2   <-->      X+2     +     2 OH-              kemudian masukan harga dari OH- tsb
 0,5.10^{-5} M_0,5.10^{-5} M__10^{-5} M   

nah kemudian tinggal hitung Ksp nya
Ksp = [X^{+2}.[OH^{-} ]^{2}         masukin deh tu angkanya
= (0,5.10^{-5}).(10^{-5})^{2}  &#10;
= 5.10^{-16}

2. cari kelarutanya dulu
S(PbSO4) = (gram/Mr).(1000/V(mL))
        =(1,52gram/304) (1000/1000mL)
         = 0,005 mol/liter
kemudian tulis kesetimbanganya
PbSO4     <--> Pb+2      +   SO4-2
0,005 mol/L   0,005 mol/L     0,005 mol/L

so Ksp = [Pb+2] [SO4-2] = (0,005)(0,005) = 0,000025 
Ksp = 2,5 .10^{-5}

3. tulis ksesetimbanganya
PbCl2         <--> Pb+2         +  2 Cl-      (masukan kelarutanya)
2,5 x 10^-5         2,5 x 10^-5    5 x 10^-5

Ksp = [Pb+^{2} ] [Cl-]^{2}  
Ksp = (2,5.10^{-5} ) ((5.10^{-5})^{2} 
Ksp = 6,25.10^{-14} 

        

mantap bos!
saya agak menyesal menjawab pertanyaan moderator.///
sepertinya tidak butuh penyelesaian...
wah mas Pepen ini terlalu tinggi memujinya, ini pertanyaan saya forward dari sahabat brainly yang mengirim email ke inbox administrator, di samping itu saya juga tidak jago Kimia mas! :D