Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-04T13:53:18+07:00
Jumlah ketiga sudut pada sebuah segitiga adalah 180 derajat.
Sudut yang dibentuk oleh sebuah garis lurus bernilai 180 derajat.
Maka 40+3x=6x-20\\40+20=6x-3x\\60=3x\\x=20
Akan tetapi, karena yang ditanya adalah nilai sudut ACB, maka jawabannya adalah
ACB=180-(6x-20)\\=180-6x+20\\=200-6x\\=200-6(20)\\=200-120\\=80
Maka besar sudut ACB adalah 80 derajat.

Maaf kalau sulit dimengerti.

< DCB + < ACB = 180
Makasih untuk penjelasan tambahannya.
< DCB + < ACB = 180 , < ACB = 180 - (6x-20) = 200x-6x , kan jml sudut dalam segitga 180, berarti < ABC + < ACB '+ <BAC = 180, 3x + 40 +200 - 6x = 180, 3x = 240 - 180, x = 60/3, x = 20. < ACB = 200-6(20) = 80 . itu maksud saya,
Bagaimanapun juga, terima kasih atas penjelasan tambahannya.
ya,
2014-05-04T14:09:30+07:00
Aku mau coba jawab ya :)
sudut BCD = sudut A + sudut B
( 6x - 20) derajat = 40 derajat + 3x derajat
6x derajat - 3x derajat = 40 derajat + 20 derajat
3x derajat = 60 derajat
x derajat = 20 derajat
sudut BCD = ( 6x - 20) derajat
                 = ( 6.20 - 20) derajat
                 = 100 derajat
sudut ACB = 180 derajat - sudut BCD
                 = 180 derajat - 100 derajat
                 = 80 derajat

note: simbol sudut dan derajat gada di keyboard jadi aku ganti jadi huruf..