Jawabanmu

2014-05-04T13:14:52+07:00
Kubus ABCD.EFGH mempunyai panjang rusuk 2 satuan. Titik O adalah titik potong dua diagonal pada bidang BCFG. Jarak titik O ke bidang BCEH adalah …. satuan. Jawab: Langkah awal menjawab soal geometri, buatlah sketsa gambarnya seperti sbb:
Kemudian konstruksi bidang yang memuat titik O dan memotong tegak lurus bidang BCHE, yaitu bidang KLMN. (Bukti, bahwa bidang KLMN tegak lurus bidang BCHE). Karena bidang ABFE sejajar bidang KLMN, dan bidang ABFE tegak lurus bidang BCHE, maka bidang KLMN tegak lurus bidang BCHE). Irisan bidang BCHE dan bidang KLMN adalah garis ML Selanjutnya, buatlah garis KL dan garis OP sejajar KL sehingga garis OP memotong garis ML di titik P. Karena diagonal KL tegak lurus diagonal ML, dan segmen garis OP sejajar garis KL , maka segmen garis OP tegak lurus garis ML, dan jarak OP merupakan jarak dari titik O terhadap bidang BCHE. Langkah selanjutnya kita hitung panjang OP dengan kesebangunan dua segitiga. Perhatikan bidang KLMN !
Segitiga LMN siku-siku di M, maka berdasarkan teorema Pythagoras; Sedangkan panjang TN = ½ LN = √ 2 . Perhatikan segitiga MOP dan segitiga MNT ! Karena segmen garis OP sejajar garis LN, maka besar sudut MPO = besar sudut MTN = 90o, dan besar sudut MOP = besar sudut MNT (sepasang sudut sehadap). Jadi segitiga MOP sebangun dengan segitiga MNT (Sd-Sd) akibatnya;

semoga membantu ^_^

2014-05-04T13:15:10+07:00
Soal saja kan ?

adi melihat sebuah mobil yg sedang diparkir dari atas sebuah menara yang tingginya 50m dengan sudut depresi 30 derajat. Berapa meter kah jarak horizontal dari mobil ke dasar menara tersebut ?