Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-04T13:04:32+07:00
Pernah lihat diagram ven ?

30 teh
20 kopi
20 susu

9 teh kopi
10 teh susu
7 kopi susu

4 teh kopi susu


maka langkah pertama adalah diketahu 4 orang peserta dari yang suka ketiganya
selanjutnya dari yang suka 2 jenis dikurangi masing2 4
5 teh kopi
6 teh susu
3 kopi susu
total sekarang adalah 4+5+6+3 orang 
lalu sisa yang hanya suka satu jenis
untuk teh maka dikurahi jumlah orang yang suka dengan ketiganya dan suka dengan teh + X (sembarang

untuk teh  = 30 -(4+4+5) = 16 orang 
kopi = 20 - (4+5+3) = 8 orang
susu = 25-(4+6+3) = 12 orang

total peserta = 4+5+6+3+16+8+12 orang

intinya adalah dibagi jadi
suka 3-3nya
suka ini dan ini
suka ini saja

jika membantu jadikan terbaik
terimakasih,saya pakai diagram venn malah dapetnya 41 :)
2014-05-04T13:18:45+07:00
14.)Diketahui : 30 orang suka teh,
20 orang suka kopi,
25 orang suka susu
9 orang suka teh dan kopi,
10 orang suka teh dan susu,
4 orang suka ketiga minuman tersebut

ditanya : orang yang mengikuti survei tersebut

jawab : kan berarti semua minuman dikurangi 4 dulu,baru dikurang dan ditambah sama yg suka 2 jenis dan hasil kurang 4 dan tambah bilangan lainnya dikurung karena nantinya dikurangi dengan jumlah pertama sehingga nanti ketemu hasilnya
berarti teh : 30-(4+4+5)= 16 peserta
berarti kopi : 20-(4+5+3)= 8 peserta
berarti susu : 25-(4+6+3)= 12 peserta

untuk menghitung banyaknya peserta berarti semua bilangan yang ada di tambah
total peserta = 3+4+5+6+8+12+16=54 peserta

semoga membantu,klik jawaban terbaik yaa