Jawabanmu

2014-05-04T12:15:46+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Sabun ini terbuat dr bahan nabati

Bahan-Bahan:
 235 gr Minyak Zaitun
150 gr Minyak Kelapa
100 gr Minyak Sawit
74 gr NaOH (Caustic Soda) + 210 g Air Aquadest
10 cc pewangi


Cara Membuat:
1. Panaskan minyak nabati sampai pada suhu sekitar 75OC ( lebih 10OC dari hasil akhir yang diinginkan yaitu 65OC).

2. Taruh air aquadest di dalam wadah kaca tahan panas atau stainless steel, lalu aduk sambil dituangi NaOH sedikit demi sedikit dan terus aduk sampai tercampur. Setelahnya larutan akan menjadi panas dan berwarna keputihan, simpan di tempat aman hingga larutan menjadi jernih dan mendingin sampai sekitar 65OC.

3. Tempatkan minyak nabati yang telah dipanaskan dalam mangkuk besar. Ketika suhu minyak dan larutan alkali mencapai suhu yang hampir sama, lalu tuangkan larutan alkali ke dalam minyak dan aduk hingga tercampur sempurna. Pengadukan dilakukan hingga tercapai keadaan trace yakni adonan mengental seperti fla.
4. Tambahkan pewangi atau pewarna jika

5. Masukkan adonan sabun ke dalam cetakan, dan diamkan hingga stabil selama 24-48 jam. Kemudian keluarkan sabun dari cetakan untuk dipotong-potong, lalu diamkan selama 4-6 minggu sebelum digunakan untuk menghilangkan bahan alkali dari sabun.


6 4 6
2014-05-04T21:22:11+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Alat dan Bahan § Minyak atau Lemak – Hampir semua minyak / lemak alami bisa dibuat menjadi sabun. Cari yang mudah saja seperti: Minyak Kelapa, Minyak Sawit, Minyak Zaitun, Minyak Jagung, Minyak Kedelai. § NaOH / KOH – Untuk mengubah minyak / lemak menjadi sabun. Bisa beli di toko bahan kimia, ambil yang teknis saja. NaOH / KOH harus ditangani dengan hati-hati. Kalau tidak akan menyebabkan bahaya baik bagi anda maupun orang lain. Kalau terlanjur kecipratan cairan NaOH / KOH harus langsung dicuci dengan air yang banyak, Tapi jika ditangani dengan benar tidak ada masalah. Langkah aman menangani NaOH / KOH: 1.Jangan menuang air ke atas NaOH / KOH. SELALU untuk menuangkan / mencampurkan NaOH / KOH ke dalam air, dengan pelan-pelan. 2.Hati-hati, jangan sampai menciprat terutama ke badan, kulit ataupun mata. Lebih baik pakai kacamata. 3. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan juga binatang peliharaan. 4. Selalu memakai sarung tangan karet selama bekerja dengannya. 5. Pakai masker selama membuat larutan NaOH / KOH dengan air. Air – Sebagai katalis/pelarut. Pilih air sulingan atau air minum kemasan. Air dari pam tidak bagus, banyak mengandung mineral. Essential dan Fragrance Oils – Sebagai pengharum. Pewarna – Untuk mewarnai sabun. Bisa juga memakai pewarna makanan. Zat Aditif – Rempah, herbal, talk, tepung kanji/ maizena dapat ditambahkan pada saat “trace”. BAHAN Berikut resep sabun mandi padat yang banyak disukai: Favorite Castile I 235 g Minyak Zaitun 150 g Minyak Kelapa 100 g Minyak Sawit 74 g NaOH – Natrium hidroksida + 210 g Air 10 cc essential oil/parfum + pewarna Favorite Castile II 250 Minyak Sawit 140 Minyak Kelapa 100 Minyak Jagung 75.5 g NaOH – Natrium hidroksida + 210 g Air 10 cc essential oil/parfum + pewarna PERALATAN • Sebuah masker sederhana. Dipakai selama pembuatan larutan NaOH / KOH saja. • Kacamata . Dipakai selama pembuatan larutan NaOH / KOH saja. • Sepasang sarung tangan karet. Dipakai selama pembuatan sabun. • Botol plastik untuk wadah air. • Timbangan dapur dengan skala terkecil 1 atau 5 gram. • Kantong plastik kecil. Untuk menimbang NaOH/KOH. • Sendok stainless steel atau plastik-polipropilen untuk menuangkan NaOH / KOH dan mengaduknya. • Wadah dari gelas atau plastik-polipropilene. Untuk tempat larutan NaOH/KOH dengan air. • Cetakan, bisa dari Baki Plastik dialasi plastic tipis, atau Pipa PVC yang diminyaki.
1 5 1