kerajaan samudra pasai adalh kerajaan islam pertama yang di dirikan di Indonesia. Berdiri pada abd ke-13. Pendiri kerajaan ini adalah Sultan Malik Al- Saleh. kerajaan samudra pasai terletak di Aceh utara, dekat kawasan selat malaka. Wilayah samudra pasai merupakan jalur perhubungan laut yang ramai antara arab, india dan cina. Samudra pasai mengalami kemajuan yang pesat, rakyat hidup makmur dan sejahtera. Pada tahun 1297, Sultan Malik Al-Saleh wafat dan digantikan oleh Sultan Muhammad.
Sultan Muhammad memerintah hingga tahun 1326. Ia bergelar Malik al- Tahir. Pada abad ke-14, Samudra pasai menjadi pusat studi agama islam. Pada abad ke-15 Samudra pasai mengalami kemunduran karena mulai berkembangnya kerajaan Malaka yang letaknya berdekatan dengan Kerajaan Samudra Pasai. Peninggalan sejarah Kerajaan Samudra PAsai adalah batu Nisan Sultan MAlik Al- Saleh.

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-04T11:23:07+07:00
Awal dan tahun berdiri kesultanan ini belum diketahui pasti. Sultannya yg pertama kali adalah Malik al-Shaleh (1290-1297). Beberapa sejarawan beranggapan bahwa naiknya sultan ini ke pemerintahan Samudera Pasai dianggap sbg awal berdirinya kesultanan ini.
1 5 1
2014-05-04T11:25:19+07:00

kerajaan samudra pasai merupakan kerajaan islam pertama diIndonesia. Didirikan pada tahun 1292 oleh Merah Selu.