Setelah 9 bulan uang tab.susi di koprasi 3.815.000 . koprasi mberi jasa uang 12% pertahun. berapa tab.mula mula?
Ga ngerti bunga bunga :( ada yang bisa jelaskan?

2
soal un leh???
iya 2013 sama soal to provinsi waktu kemaren kemaren hehe
ok, aku juga pernah ngerjain

Jawabanmu

2014-05-03T21:24:42+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
bunga 9 tahun = bunga setahun : 12 bulan × waktu        
                          = 12% : 12 × 9
                          = 9%

tab. awal = tab. akhir : ( 100% + bunga dalam waktu yang ditentukan )
                = Rp 3.815.000 : ( 100% + 9% )
                = Rp 3.815.000 : 109%
                = Rp 3.815.000 : 
 \frac{109}{100}
                = Rp 3.815.000 × 
 \frac{100}{109}
                = Rp 3.500.000

Jadi, tabungan awal Susi adalah Rp 3.500.000



Tolong tandai sebagai jawaban terbaik ya ?
puintere leh
makasih
Sama-sama. Di soal kelas 7 juga ada, saya kelas 7, SMPN 26 Surabaya.
saya kelas 7 jugadi SMPN 1 Juwana
Juwana itu provinsi mana ya ? Saya tidak pernah dengar.
Jawaban paling cerdas!
2014-05-03T21:28:34+07:00
Anggap m = tab. awal

T.akhir = m + (bulan × bunga × m)
                        12       100    

3.815.000 = m + ( 9 × 12 × m)
                          12   100    

3.815.000 = m +   9    m
                         100

3.815.000 = 100 m +  9  m
                   100      100

3.815.000 = 109  m 
                  100

m             = 3.815.000 ÷ 109
                                     100
m             = 3.815.000 × 100
                                     109          (3.815.000 bisa dibagi 109 jadi dicoret = 35.000)
m             = 35.000 × 100
m             = 3.500.000

Semoga Bermanfaat! ^-^
kan yang m itu 1 sementara bunganya 9/100 m jadi untuk ditambah diubah ke pecahan dulu samain penyebutnya.
makasih
oke, ribet ya? maaf :D
makasih banyak :D tapi jadinya rumus awal nyari tab awal itu apa?
tabungan awal, kan ditanya tabungan mula2 sebelum ditambah embel2 bunganya...