Tolong bantu iya ^_-

1. diketahui massa atom relatif beberapa unsur sebagai berikut :
H = 1, C = 12, N = 14, O = 16, Na = 23, Mg = 24, AI = 27, dan S = 32
tentukanlah massa molekul relatif ( Mr ) zat berikut:
a. H2SO4
b. N ( CH3 )3
c.
CH3COOH
d. AI2 ( SO4 ) 3
e. NH4 NO3

2. tentukan jumlah mol yang terdapat dalam,
a. 3,01 X 10 ( pangkat 24) atom hidrogen
b. 1,204 X 10 ( pangkat 18 ) molekul karbon dioksida ( CO4 )

3. tentukan jumlah atom hidrogen yang terdapat dalam,
a. 0,5 mol ammosia ( NH3)
b. 0,2 mol glukosa ( C6 HI2 O6 )

4. hitunglah massa dari :
a. 0,4 mol natrium ( Na )
b. 0,2 mol asam sulfat ( H2 SO4 )

5. berapa mol terdapat dalam :
a. 1 gram magnesium ( Mg )
b. 2 gram kalsium hidroksida, Ca( OH )2

6. berapa massa dari :
a. 1,204 X 10 ( pangkat 23 ) molekul air ?

2
wih banyak....coba satu2 dah kukerjain!!! :P
:(

Jawabanmu

2014-05-03T16:02:36+07:00
1.
a.mrH2SO4= (arH x 2)+(arS x 1)+(arO x 4) = (1x2) + (32x1) + (16 x 4)= 2 + 32 + 64= 98
b.mrN(CH3)3= (arNx1)+(arCx3)+(arHx9)= (14x1)+(12x3)+(1x9)=14+36+9=59
lanjutin dan seterusnya seperti a dan b yah :)

4 3 4
Jawaban paling cerdas!
2014-05-03T20:42:35+07:00
1 a.H2SO4 = 2+32+64 = 98
   b.N(CH)3 = 14+36+9 = 59
   c.CH3COOH = 12+3+12+21+1 = 60
   d.AL2(S04)3 = 54+96+192 = 342
   e.NH4NO3 = 14+4+14+48=80
2 a mol = 3,01 x 10^24/6,02 x 10^23 = 5
   b.mol = 1,204 x 10^18/6,02 x 20^23 = 0,00005
3 a.0,5 x 6,02 x 10^23 x 3 = 3,01 x 10^23
   b. 0,2 x 6,02 x 10^23 x6 x2 x 6 = 86,688  x 10 23
4 a.massa = 0,4 x 14 = 5,6gr
   b.massa = 0,2x 98 = 19,6
5 a mol = 1/24
   b.mol = 2/74

2 5 2
Nomor 6 nya belum man
no 6 saya lupa caranya