Jawabanmu

2014-05-03T11:00:45+07:00
"saya mempertanyakan berita di Koran tentang kenapa orang yang masuk daftar pencarian orang  (DPO) karena kabur diancam pidana 15 tahun atas kasus korupsi dapat memenangkan Peninjauan Kembali atau PK. Dan apa yang sudah dapat diselamatkan Negara melalui Kejaksaan dengan cara penyitaan atas aset atau barang terpidana korupsi"
2014-05-03T11:02:44+07:00
1. Pengertian hukum pidana :
Jawab : Sekumpulan peraturan yang dibuat oleh negara, isinya berupa larangan dan keharusan –sedang bagi yang melanggar dikenakan sanksi yang dapat dipaksakan oleh negara.
2.Tujuan hukum pidana :
Jawab :
Aliran klasik : Hukum pidana bertujuan untuk menakut-nakuti setiap orang, agar tidak melakukan perbuatan yang tidak baik (delik)Menurut aliran ini, tujuan hukum pidana bermaksud untuk melindungi individu-individu dari kekuasaan penguasa yang sewenang-wenang. Aliran Modern : Hukum pidana bertujuan untuk mendidik orang yg telah melakukan perbuatan yang tidak baik menjadi baik dan dapat diterima kedalam kehidupan bermasyarakat.Menurut aliran ini, hukum pidana bertujuan untuk melindungi setiap orang dari tindaj kejahatan dan pelaku kejahatan, oleh sebab itu, aliran ini dipengaruhi oleh kriminologi.
3.
Fungsi hukum pidana :
Jawab : Hukum pidana berfungsi untuk mengatur dan menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat –agar tercipta dan terpeliharanya kepentingan umum.
4.
Pengertian tindak pidana / Strafbaar feit (Delik) :
Jawab : Perbuatan yang oleh aturan hukum dilarang dan diancam dengan pidana. Dimana pengertian “perbuatan” disini, selain perbuatan aktif (Melakukan sesuatu yang sebenarnya dilarang oleh hukum) juga perbuatan yang bersifat pasif ( tidak berbuat sesuatu yang sebenarnya diharuskan oleh hukum).
5.
Unsur-unsur tindak pidana :
Unsur Objektif Unsur yang terdapat diluar si pelaku. Unsur-unsur yang ada hubungannya dengan keadaan, yaitu dalam keadaan-keadaan dimana tindakan-tindakan si pelaku itu harus dilakukan. Terdiri dari : Sifat melanggar hukumKualitas dari si pelaku. Misalnya, lihat pasal 415 KUHPKausalitasUnsur subjektif

6. Jenis-jenis tindak pidana :
Kejahatan dan pelanggaranDelik formal dan delik materialDelik dolus dan delik culpaDelik comisionis dan delik omissionisDelik aduan dan delik biasa4 lgi cari sendiri . capee . :D

semoga membantu ^_^