Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-03T09:27:05+07:00
A. Perbedaan lahirnya semangat kebangsaan di Asia dan Eropa adalah lahirnya nasionalisme eropa adalah dalam masa peralihan dari masyarakat agraris kemasyarakat industi
b.Lahirnya semangat kebangsaan Indonesia adalah karena adanya faktor pendukung.
1 5 1
2014-05-03T09:27:06+07:00
Perbedaan lahirnya semangat kebangsaan di Asia dan Eropa adalah lahirnya nasionalisme eropa adalah dalam masa peralihan dari masyarakat agraris kemasyarakat industi. Pada abad ke-18 yang didahului dengan lahirnya paham liberalisme dan kapitalisme karena pengaruh revolusi industri dan revolusi Prancis. Dengan demikian nasionalisme eropa pada waktu itu melahirkan imperalisme yaitu “Nafsu untuk mencapai tanah jajahan sebanyak mungkin”. Sedangkan lahirnya nasionalisme Asia merupakan gerakan yang menentang imperalime dan kolonialisme bangsa-bangsa barat. ·         Lahirnya semangat kebangsaan Indonesia adalah karena adanya faktor pendukung. Faktor dari dalam (internal) yaitu kenangan kejayaan masa lampau, bersatunya negara-negara Asia dan Afrika sejak jaman dahulu kala, munculnya golongan cendikiawan, paham nasionalis yang berkembang daam bidang politik, sosial, dan kebudayaan. Faktor dari luar (eksternal) yaitu kemenangan Jepang atas Rusia (1905), perkembangan nasionalisme diberbagai negara, munculnya paham-paham baru. Semangat nasionalisme di Indonesia digunakan sebagai ideologi atau paham bagi organisasi pergerakan nasional yang ada. Ideologi nasional diperkenalkan oleh Partai Nasional Indonesia (PNI). PNI bertujuan untuk memperjuangkan kehidupan bangsa Indonesia yang bebas dari penjajahan. Sedangkan cita-citanya adalah mencapai Indonesia merdeka dan berdaulat, serta mengusir penjajahan.

semoga mmbantu ^_^