Seutas tali di bagi menjadi 4 bagian dengan panjang membentuk barisan geometri.Jika panjang terpendek adalah 16 cm dan terpanjang 54 cm, maka panjang tali mula2 adalah...

2
r itu apa ya?
r itu rasio. jadi kalo rumus barisan geometri itu = a x r pangkat n-1
itu jawaban saya bener gak jawabannya
saya tidak tau makanya saya nanya -__-
oh.. ada pilihannya gak 130?
ada...kayaknya benerr :)

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-02T23:29:19+07:00
A = 16
tali terpanjang = U 4 = 54

Un = a x r pangkat (n-1)
U4 = 16 x r pangkat (4-1) = 54
        r ³ = 54/16
        r³ = 27/8
        r³ = 3³/2³
         r = 3/2

Sn = a (r pangkat n   - 1)
                 r - 1
S4 = 16 ( (3/2)pangkat4 - 1)
             3/2  - 1
     = 16 (81/16  -1)
               3/2 - 2/2
   = 16 ( 65/16) (2/1)
  = 65x2 = 130 cm
1 5 1
2014-05-02T23:34:13+07:00
U4=a.r^n-1
54=16.r^4-1
54=16.r^3
r^3=54/16
r=√27/6
r=3/2

u2=16.3/2^2-1
u2=16.3/2
u2=24

u3=16.3/2^3-1
u3=16.3/2^2
u3=16.9/4
u3=36

p tali mula2= 16+24+36+54=130 cm

semoga membantu