Jawabanmu

2014-05-02T19:00:43+07:00
TemaPuisi “Pahlawan Tak Dikenal” menggambarkan kepahlawanan seorang pejuang yang gugur saat usianya masih muda demi membela tanah air. Jadi, tema puisi tersebut perjuangan dan kepahlawanan.
PerasaanPerasaan penyair dalam puisi yaitu terharu, penyair terharu melihat seorang pahlawan yang rela mati demi negara.
NadaPuisi “Pahlawan Tak Dikenal” memiliki nada kepahlawanan dan perjuangan.
AmanatAmanat puisi “Pahlawan Tak Dikenal” menyuruh kita atau pembaca untuk menghargai jasa pahlawan.
Larik“Pahlawan Tak Dikenal” tediri atas dua puluh larik. Larik-larik tersebut saling berhubungan membentuk lima bait.
BaitPuisi “Pahlawan Tak Dikenal” terdiri atas lima bait. Bait pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima terdiri atas empat larik.
Pertautan baitBait-bait yang terdapat dalam puisi saling berhubungan dalam mengungkapkan isi puisi. Bait pertama sampai kelima menggambarkan kepahlawanan seseorang yang masih muda.
DiksiDiksi yang digunakan adalah kata-kata yang bermakna denotasi dan konotasi.
PengimajianBait pertama, kedua, keempat, dan kelima menggunakan imaji penglihatan karena “apa” yang diungkapan pada bait tersebut seakan-akan dapat dilihat. Bait ketiga menggunakan imaji pendengaran karena “apa” yang diungkap seakan-akan dapat didengar.
Rima
Bait pertama, ketiga, dan keempat memiliki bunyi akhir baris yang tidak sama. Bait kedua memiliki persamaan bunyi ng di akhir baris. Bait kelima, baris pertama dan kedua memiliki persamaan bunyi ng, sedangkan baris ketiga dan keempat memiliki persamaan bunyi a.
10 3 10