Jawabanmu

2014-05-02T16:09:12+07:00
Sumpah pemuda adalah Sumpah yang di lontarkan oleh para pemuda jaman kemerdekaan untuk membuktikan bahwa pemuda juga bisa membela negara dengan tegas.Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.
Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta), Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".
Pertama:
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
umpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.
Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua[1] yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta), Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas
2014-05-02T18:22:20+07:00
       Sumpah Pemuda diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 oleh para pemuda Indonesia. Bangsa Indonesia selalu memperingati Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober. Proses kelahirannya merupakan perjuangan bangsa Indonesia selama ratusan tahun ditindas oleh penjajah. Martabat bangsa Indonesia terinjak-injak sehingga muncullah tekad dari rakyat Indonesia mengusir para penjajah dengan cara yang lebih modern, yaitu menjalin persatuan.                                                                    
        Tekad rakyat Indonesia, terutama para pemuda itu tertuang dalam Sumpah Pemuda. Rumusan Sumpah Pemuda ditulis oleh Mohammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr.Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Sugondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Mohammad Yamin.