Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-02T09:59:33+07:00
Berikut adalah beberapa tipe mulut serangga : 1. Tipe mulut menggigit mengunyah Terdiri dari sepasang bibir, organ penggiling untuk menyobek dan menghancur serta organ tipis sebagai penyobek. Makanan disobek kemudian dikunyah lalu ditelan. Serta struktural alat makan jenis ini terdiri dari : Labrum, fungsinya untuk memasukkan makanan ke dalam rongga mulut.Efifaring, fungsinya sebagai pengecap.Mandibel, fungsinya untuk mengunyah, memotong dan melunakkan makananMaksila, alat bantu untuk mengambil makanan.Labium, fungsinya untuk menutup/membuka mulut. Gejala serangannya , ditemukan bagian tanaman yang hilang, oleh sebab dimakan, digerek atau digorok. Contoh : ordo ortoptera, yaitu belalang.  2. Tipe mulut meraut dan menghisap Menyerang jaringan dan mengakibatkan berwarna putih atau belang kemudian tanak mengerut. Contoh : ordo hemiptera, yaitu kutu daun. 3. Tipe mulut menjilat menghisap Pada mulut lalat (diptera), bahan pangan padat menjadi lembek dan buruk akibat ludah yang dikeluarkan hama ini untuk melunakkan makanan, kemudian baru dihisap. Contohnya : ordo diptera, yaitu lalat. 4. Tipe mulut menghisap Merupakan tipe yang khusus, yaitu labrum yang sangat kecil, dan maksila palpusnya berkembang tidak sempurna. Labium mempunyai palpus labial yang berambut lebat dan memiliki tiga segmen. Bagian alat mulut ini yang dianggap penting dalam tipe alat mulut ini adalah probosis yang dibentuk oleh maksila dan galea menjadi suatu tabung yang sangat memanjang dan menggulung. Contohnya : Ordo Lepidoptera, yaitu ngengat dan kupu-kupu dewasa.  5. Tipe Mulu menusuk menghisap Gejala serangan pada bagian tanaman akan ditemukan bekas tusukan silet yang akan menyebabkan terjadinya perubahan warna atau perubahan bentuk pada bagian tanaman yang diserang. Contoh : ordo hemiptera, yaitu kepik
4 3 4
2014-05-02T10:02:32+07:00
A. penjilat dan penusuk
eehh,,salah,,itu maksud aku jawabannya A, Penjilat dan penghisap