Jawabanmu

2014-05-02T07:50:22+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Tugu Pahlawan adalah salah satu Monumen bersejarah yang ada diSurabaya, monument ini berdiri di atas tanah seluas 2,9 Ha. Terletakdi jalan Pahlawan, kelurahan Alun-Alun Contong, kecamatanBubutan, Kota Surabaya. Letaknya sangat strategis karena berada ditengah kota, tepatnya berada di sekitar jalan Bubutan, jalanTembaan, dan jalan Kebon Rojo. Tugu ini memiliki tinggi 41,15 M, yangterbagi atas 11 bagian, dengan 10 lengkungan di bagian bawahnya.Diameter bagian bawah tugu yaitu 3,1 m, sedangkan bagian atas tuguberdiameter 1,3 m. Dimana, pada bagian atasnya terdapat lampuberwarna merah dan penangkal petir. Pada bagian bawahtugu, diberi hiasan berupa gambar trisula, cakra, stambha, danpadma. Serta di sekitar tugu ini terdapat 10 obor yang memiliki artisimbolik yaitu api perjuangan rakyat Indonesia yang tidak pernahpadam. ·          
Tugu Pahlawan didirikan diatas tanah bekas Gedung Rad VanJustitie, gedung yang pernah digunakan belanda sebagaitempat pengadilan. Dan pada masa pendudukan Jepang digedung inilah rakyat Indonesia yang tertangkap diadili, disiksahingga mati. Dan tidak ada satupun orang yang selamat setelahmasuk di gedung ini. Kecuali Cak Durasim, beliau berhasilselamat setelah keluar dari gedung ini, itupun beliau berhasilkeluar dalam keadaan yang sangat mengenaskan. Pertempuran10 November adalah pertempuran terbesar yang terjadi disepanjang perjalanan sejarah bangsa Indonesia.Dalam pertempuran itu, arek-arek suroboyomenduduki gedung Rad Van Justitie ini, danmenggunakannnya sebagai pusat perjuangan.Pada akhirnya, gedung inipun hancur akibattembakan-tembakan artileri Sekutu.Pada masa kepemimpinan walikota Surabaya DoelArnowo, gedung yang telah hancur tersebut, akandidirikan sebuah monument untuk mengabadikansemangat kepahlawanan rakyat Surabaya dalammelawan tentara sekutu. Dan beliau menyatakanrencananya tersebut kepada Presiden Soekarno.Kemudian pada tanggal 10 November1951, Soekarno meletakkan batu pertama sebagaipertanda mulai dibangunnya Tugu Pahlawan.Pembangunan monument Tugu Pahlawan inimenghabiskan biaya sekitar Rp. 170.000(waktu itu)yang sumbernya berasal dari masyarakat danpemerintah, dengan Suratmoko sebagai arsiteknya.Tugu ini diresmikan pada tanggal 10 November1952.
·          

Monument Tugu Pahlawan ini memiliki arti penting disetiap bagiannya. Pada awalnya rencana pembangunanwaktu itu, tugu akan didirikan setinggi 45 m, dengan11 bagian, dan terdapat 10 lekukan di bagianbawahnya, yang menggambarkan pertempuran 10November 1945. Namun karena adanya kemiringan dibagian atas tugu, sehingga tinggi tugu ini hanyamencapai 41,15 meter. Bangunan tugu ini berbentukseperti paku terbalik, badan paku ini menjulang tinggidan runcing yang menggambarkan semangat juangarek-arek Surabaya yang tak pernah mati. Sedangkandi bagian bawahnya terdapat semacam hiasan yangmenyerupai api, yang berarti api perjuangan rakyatSurabaya selalu berkobar.
 
2 5 2