Sebuah batang aluminium bersuhu 30'C dimasukan kedalam 150 gram air bersuhu 90'C. apabila suhu campuran 50'C. massa alumunium sebesar...kg (kalor jenis air = 4200 J/kg'C dan kalor jenis alumunium = 900 J/kg'C) mohon bantuannya disertakan cara nya.

2

Jawabanmu

2014-05-01T20:39:52+07:00
Dik : T1 = 30
mA = 150 g
T2 = 90
t1 + t2 = 50 
ca = 4200
cL = 900
dit m?

jawba
m1.c1.t1 = m2.c2.t2
150.4200.(90-50) = x. 900.(50-30)
6000.4200 = 18000x
x = 1400
Jawaban paling cerdas!
2014-05-01T20:41:28+07:00
Q lepas (air) = Q serap (alumunium)
m.c.Δt = m.c.Δt
0,15 x 4200 x (90-50) = m x  900 x (50-30)
25200 = 18000 m
m = 25200 : 18000
   = 1,4 kg
1 5 1