Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-01T18:56:13+07:00
Megalitikum berasal dari kata mega yang berarti besar, dan lithos yang berarti batu. Zaman Megalitikum biasa disebut dengan zaman batu besar,karena pada zaman ini manusia sudah dapat membuat dan meningkatkan kebudayaan yang terbuat dan batu-batu besar. kebudayaan Prasejarah ini berkembang dari zaman Neolitikum sampai zaman Perunggu. 

Adapun beberapa hasil-hasil kebudayaan pada zaman megalitikum bukanlah berbentuk konstruksi bangunan, namun dalam bentuk benda-benda /monumen peninggalan yang terbuat dari batu sbb. : 

menhir : tugu batu digunakan untuk menghormati roh nenek moyang 

Punden berundak : terbuat dari batu untuk meletakan sesaji 

dolmen : meja batu yang digunakan untuk meletakan sesaji 

waruga : kubur batu yang berbentuk kubus 

kubur batu : tempat menyimpan mayat 

Sarkofagus : kubur batu yang berbentuk lesung 

Catatan: Di Inggris ada peninggalan megalitik/ tempat pemujaan yang disebut "Stonehenge" (Bantu Tergantung)
1 5 1
2014-05-01T18:59:17+07:00
Bangunan megalitikum adl bangunan" yg disusun/ dibangun dr batu" yg besar dan biasanya digunakan untuk upacara" pemujaan.
Contoh :
dolmen, yaitu meja batu yanf digunakan untuk menaruh sesajen.
sarkofagus, yaitu batu yg atasnya dibuat lesung dan digunakan utk menaruh mayat.
waruga, kubur batu berdiri.
punden berundak,dll.