Jawabanmu

2017-02-06T15:54:42+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Untuk membuat surat resmi yang lengkap, terlepas bahasa yang digunakan, apakah itu bahasa Indonesia atau bahasa Sunda, kita dapat meminjam cara yang sering digunakan oleh para penulis, wartawan atau jurnalis dalam membuat suatu berita atau artikel.

Cara yang digunakan oleh mereka adalah cara atau rumus yang sudah sangat dikenal, mudah dan sederhana. Cara atau rumus tersebut sering disebut dengan istilah 5W+1H. Pada intinya rumus 5W+1H menyatakan bahwa suatu tulisan dapat dikatan lengkap jika memiliki unsur 5W+1H yaitu what, who, when, where, why dan how.

Di bawah ini adalah contoh surat resmi dengan menggunakan bahasa Sunda, tentang study tour ke Jakarta dengan menerapkan rumus 5W+1H :

Garut, 1 Mei 2014

Kahatur

Bapa / Ibu Para Sepuh / Wali Murid Kelas XI
SMA Suka Hati
di tempat

Kalayan hormat,

Dina raraga ngalaksanakeun program pangajaran sakola, SMA Suka Hati bade ngayakeun acara study tour kanggo para murid. Acara study tour ieu mangrupikeun program pangajaran sakola anu parantos dirancanakeun sareng disatujuan sateuacanna.

Anu bade ngiring kana acara study tour ieu nyaeta sadaya siswa kelas XI nu aya di sadaya jurusan. Acara study tour ieu bade dilaksanakeun :

Kaping : 1 Juni 2014 - 3 Juni 2014.
Tujuan : Jakarta

Tempat-tempat anu bade disumpingan di Jakarta, diantawisna Taman Mini Indonesia Indah, Pantai Ancol, Monumen Nasional, Musium Gajah, sareng tempat anu sanesna.

Anu janten tujuan ieu study tour, supados para siswa tiasa gaduh pangalaman langsung nyumpingan tempat-tempat anu penting di ibu kota. Ku kituna saparantos acara study tour, para siswa dipasihan tugas kanggo ngadamel laporan kagiatan study tour ieu.

Acara study tour ieu bade dibimbing ku masing-masing wali kelas ditambih guru pembimbing sanesna. Kanggo sadaya biaya study tour parantos disadieukeun ti sakola.

Disuhunkeun ka para sepuh atanapi wali murid kanggo tanda-tangan serat persetujuan terlampir kanggo masihan ijin ka pala putrana kanggo ngiringan ieu acara study tour.

Hatur nuhun kana perhatosan Bapa / Ibu sadayana.

SMA Suka Hati,



Maman Supratman, SPd.
Kepala Sakola 
1 5 1