Ondel-ondel adalah suatu boneka yang dimainkan oleh orang.
boneka ini memiliki dua jenis yaitu: boneka perempuan dan boneka
laki-laki. boneka ini memakai pakaian khas dari betawi. ondel-ondel ini
berasal dari DKI Jakarta tepatnya dari suku betawi
ondel-ondel biasa digunakan pada hari besar suku betawi atau ulang
tahun kota jakarta, karena pada acara ini ondel-ondel digunakan oleh
manusia yang akan menggoyangkan ondel-ondel tersebut, sehingga
ondel-ondel tampak sedang bergoyang.
selain digunakan untuk hari besar, ondel-ondel juga digunakan
untuk upacara adat dan acara pernikahan, karena sejak zaman dahulu
masyarakat betawi sudah menggunakan ondel-ondel sebagai peramai agar
acara tersebut menjadi lebih ramai dan bagus. Selain itu ondel-ondel
memiliki khas yaitu memakai baju betawi.
ondel-ondel ini merupakan budaya indonesia, oleh karena itu kita
wajib menjaganya agar budaya yang ada di indonesia masih beragam dan
tidak berkurang.


1. tuliskan 3 ide pokok dari teks di atas
2. mengembangkan ide pokok menjadi paragraf orientasi , klasifikasi , resolusi

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-01T16:09:50+07:00
- Ondel-ondel adalah suatu boneka yang dimainkan oleh orang.
-
ondel-ondel ini merupakan budaya indonesia
-
ondel-ondel biasa digunakan pada hari besar suku betawi

Orientasi: Paragraf 1
Klasifika: Paragraf 2
Resoli: Paragraf 3
2 4 2
2014-05-01T16:10:34+07:00
1. a. ondel2 merupakan salah satu boneka betawi
b. ondel-ondel terbagi 2 macam yaitu laki2 dan perempuan
c. ondel2 digunakan untuk hri2 besar
 2. maaf yang no.2 tdak dapat saya jawab :)
1 1 1