Setelah 9 bulan uang tabungan susi dikoperaasi berjumlah Rp. 3.815.000,00. Koperasi memberi jasa simpanan berupa bunga 12% pertahun tabungan awal susi di koperasi adalah?
PLIS PAKE CARANYA!!! cara nyari bunganya jg D:

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-01T14:39:20+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Bunga 1 tahun = 12%
Setelah 9 bulan tabungan susi = Rp.3.815.000,00
Misalnya, tabungan awal = M dan bunga
1 tahun = α%

Bunga 1 tahun = α% x M

Bunga n bulan =  \frac{n}{12}  x α% x M

                      = 9% M = 0,09 M

Besar tabungan setelah 9 bulan
= Tabungan awal + Bunga 9 bulan
Rp.3.815.000,00 = M + 0,009 M
Rp.3.815.000,00 = 1,09 M
                     M = Rp 3.500.000,00

Jadi tabungan awal susi di koperasi adalah Rp 3.500.000,00
3 5 3
2014-05-01T15:09:35+07:00
3815000 = tab.awal + (9/12 * 12/100 * tab.awal)
3815000 = tab.awal + 9/100tab.awal
3815000 = 109/100tab.awal
381500000=109tab.awal
tab.awal = 3.500.000
1 5 1