Seorang tukang parkir mendapat uang sebesar Rp.17.000,00 dari 3 buah mobil dan 5 buah sepeda motor,sedangkan dari 4 buah mobil dan 2 buah sepeda motor ia mendapat uang Rp18.000,00.Jika terdapat 20 mobil dan 30 sepeda motor,banyak uang yang ia peroleh...

2
pusying....
ikut nyimak aja deh .... :D

Jawabanmu

2014-05-01T12:50:06+07:00
3x + 5y = 17000 (4) metode eliminasi = 12x + 20y = 68000
4x + 2y = 18000 (3) =                           12x + 6y = 54000 
                                                           14y = 14000
                                                              y = 1000
jika y = 2000 maka 3x + 5.1000 = 17000 
     x = 12000 : 3 = 4000 
jika ada 20 mobil maka 20 . 4000 = 80000 dan motor 30 . 1000 = 30000 maka totalnya = 110.000 rupiah 
3 3 3
Jawaban paling cerdas!
2014-05-01T12:54:27+07:00
Misalkan mobil = mb dan motor = mt

3 mb + 5 mt = 17.000
4 mb + 2 mt = 18.000

pakai eliminasi dulu mobilnya
jadinya
3 mb + 5 mt = 17.000 |x4|
4 mb + 2 mt = 18.000 |x3|
jadinya
12 mb + 20 mt = 68.000
12 mb + 6 mt   = 54.000
dikurangi
hasilnya
14 mt = 14.000
mt = 1.000

3 mb + 5 mt = 17.000
3 mb + 5(1.000) = 17.000
3 mb + 5.000 = 17.000
3 mb = 17.000 - 5.000
3 mb = 12.000
mb = 4.000

20 mb + 30 mt = 20(4.000) + 30(1.000)
                      = 80.000 + 30.000
                      = 110.000
Jadi banyak uang yang diperoleh tukang parkir jika terdapat 20 mobil dan 30 motor adalah Rp 110.000