Ayam jantan bulu merah disilangkan dgn ayam betina bulu putih. Bulu merah dominan terhadap bulu putih. Bila sesama keturunan pertamanya disilangkan dan menghasilkan 500 ekor anak ayam. Berapakah kemungkinan dihasilkan anak ayam bulu putih...
A. 100 ekor
B. 125 ekor
C. 250 ekor
D. 375 ekor
Dgn caranya ya terimakasih..

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-05-01T11:24:31+07:00
Ayam jantan bulu merah (MM) disilangkan dengan ayam betina bu;u putih (mm)
F1 = 100% Mm

sesama F1 disilangkan (Mm x Mm)
maka akan terbentuk perbandingan genotip MM : Mm : mm = 1 : 2 : 1
                         dan perbandingan fenotip  Merah : putih    = 3 : 1

dalam 500 persilangan, anak ayam bulu putih 

= 1/4 x 500
= 125 anak ayam bulu putih (B)
Jadi itu perbandingan yg dipake perbandinganb fenotip ya?
iya sama saja kok, kalau dominan resesif pake yg 3:1, tpi klo intermediet pake yg 1:2:1 karena yg 2 adalah warna pink (dalam dominan resesif, perbandingan 2 itu masuk merah)
2014-05-01T11:29:43+07:00
Misal : ayam bulu merah = MM, ayam bulu putih = mm
⇒ P =  MM × mm
    F₁ = Mm

  ⇔ F₁ × F₁
   Mm × Mm
hasil : MM, Mm, mM, mm

⇒ bulu putih (mm) = 1/4 × 500 = 125

Jadi, jawaban nya b. 125
#maaf kalau salah yha ..
1 5 1