apa yang dimaksud dengan suhu?

bagaimana prinsip kerja termometer zat cair, termometer bimetal, dan termometer kristal cair?

sebatang tembaga dgn koefisien muai panjang0,000017 pada suhu 28 derajat Celcius panjangnya 80 m. berapakah pertambahan panjangnya jika tembaga dipanaskan sampai suhunya 78 derajat Celcius?

2

Jawabanmu

2014-05-01T10:52:29+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Suhu adalah ukuran drajat panas/dinginnya suatu benda, dan termometer adalah alat untuk mengukur tubuh.

Berdasarkan besar pemuaian volume zat cair yang digunakan dengan kisaran berbeda sesuai kebutuhan
Zat cair yang digunakan dihitung terlebih dahulu berapa titik beku titik didihnya, untuk membuat perbandingan jika perhitungan dikalibrasi untuk melihat kisaran nilai perbandingan dengan termometer lainnya
Prinsip kerja dari termometer yg pakai zat cair:
suhu di sekitar zat cair itu mempengaruhi volumenya (memuai).
pemuaiannya itu dikasih tanda berupa skala angka. Jadi kebaca suhunya skian drajat.
Keping Bimetal sengaja dibuat memiliki dua buah keping logam karena kepingan ini dapat melengkung jika terjadi perubahan suhu. Prinsipnya, apabila suhu berubah menjadi tinggi, keping bimetal akan melengkung ke arah logam yang keoefisien muainya lebih rendah, sedangkan jika suhu menjadi rendah, keping bimetal akan melengkung ke arah logam yang keofisien muainya lebih tinggi. Logam dengan koefisien muai lebih besar (tinggi) akan lebih cepat memanjang sehingga kepingan akan membengkok (melengkung) sebab logam yang satunya lagi tidak ikut memanjang. Biasanya keping bimetal ini terbuat dari logam yang koefisien muainya jauh berbeda, seperti besi dan tembaga. Pada termometer, keping bimetal dapat difungsikan sebagai penunjuk arah karena jika kepingan menerima rangsangan berupa suhu, maka keping akan langsung melengkung karena pemuaian panjang pada logam.

Semoga membantu



1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-05-01T11:34:19+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1) Suhu adalah ukuran derajat panas dinginnya suatu benda.


2) Prinsip kerja termometer zat cair = Pemuaian zat cair pengisi termometer bila
    suhu meningkat. Dan penyusutan zat cair pengisi termometer bila suhu berkurang.
    Lalu zat cair yang telah memuai/menyusut akan menunjukkan skala tertentu.

    Prinsip kerja termometer bimetal = Dua logam yang dikeling menjadi satu dan logam
    yang koefisien muai-nya lebih besar akan melengkung ke arah logam yang koefisien 
    muai-nya lebih kecil bila suhu meningkat.

    Prinsip kerja termometer kristal cair = Terdapat kristal cair yang akan berubah warna 
    jika suhu meningkat/berkurang.


3) Diketahui : α = 0,000017/°C

                     Lo = 80 m

                     Δt = t₁ - to
                          = 78 - 28
                          = 50°C

    Ditanyakan : ΔL

    Penyelesaian : ΔL = α . Lo . Δt
                                = 0,000017 . 80 . 50
                                = 0,068 m
Semoga membantu, tandai sebagai jawaban terbaik ya :)