Nilai rata-rata 12 siswa perempuan di kelas 9D sama dengan 6,5 , sedangkan nilai rata-rata siswa laki-lakinya sama dengan 7,0. Jika nilai rata-rata kelas tersebut adalah 6,8 , banyak siswa laki-laki adalah....

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-30T16:12:36+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Cari dulu nilai perempuannya
sigma n = mean * f
             = 6.5 *12
             = 78
kita anggap p adalah f dari pria
maka jumlah nilai pria
sigma n = mean * f
            = 7,0 *p
            = 7p
frekuensi seluruh kelas = p +12
maka kita dapat persamaan
mean kelas = \frac{sigma n perempuan + sigma n laki laki }{frekuensi kelas}
6,8 =  \frac{78+ 7p}{12+p}
6,8 (12+p) = 78 +7 p
81.6 + 6.8p = 78 +7p
6.8p - 7.p    = 78 - 81.6
      -  0.2p  = -3.6
              p = -3.6 / -0.2
                 = 18

jadi, banyak siswa pria adalah 18 orang
Komentar sudah dihapus
kasik terbaik (y)
2014-04-30T16:23:01+07:00
Diketahui : n(S) = 6,8
                 n(P) = 12
                 n(L) = 7,0
Ditanya    : n(L) = ........ orang

Jawab      : n(S) = n(P) + n(L)
                  6,8  = 12 + 7,0
                  6,8  = 12,7
                 n(L)  = 12,7 - 6,8
                         = 5,9
                         = 6