Berilah contoh hubungan simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme

2
mutualisme: gagak dan kerbau
komensalisme: ikan remora dengan ikan hiu
parasitisme: kutu dengan manusia
komensalisme : anggrek dengan pohon induk (mangga)
parasitisme : benalu / tali putri dengan pohon ind

Jawabanmu

2014-01-23T12:09:17+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Bukankah ini mata pelajaran IPA bidang Biologi ?
1. Simbiosis Mutualisme
Terjadi antara kupu-kupu dengan bunga. Kupu-kupu membantu penyerbukan bunga, sedangkan bunga memberikan nektar kepada kupu-kupu.
2. Simbiosis Komensalisme
Terjadi antara ikan kecil yang berada di dekat ikan hiu. Ikan kecil merasakan keuntungan karena dilindungi oleh ikan hiu, sedangkan ikan hiu biasa-biasa saja. Berbeda bila ikan kecil berada di gigi hiu. Itu dinaman Mutualisme.
3. Simbiosis Parasitisme
Terjadi antara benalu dengan pohon inangnya. Benalu mengambil makanan dari pohon inangnya tersebut, sedangkan pohon inangnya dirugikan dengan adanya benalu.
Okay ? @Liwed
7 4 7
mutualisme > 1.rayap dngn flagellata 2.akar pinus dngn jamur membentuk mikoriza
komensalisme > 1.ikan hiu dngn ikan remora 2.tanaman anggrek dngn pohon jambu
parasitisme > 1.manusia dngn kutu kepala 2.tali putri dngn tumbuhan pagar
2014-01-23T12:15:19+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Simbiosis adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis. Kebanyakan yang diajarkan di sekolah adalah tiga macam simbiosis yakni mutualisme, komensalisme, dan parasitisme. Tapi ternyata ada juga jenis simbiosis yang lain yaitu amensalisme. Saya menemukannya ketika sedang membuka wikipedia berbahasa Inggris…

1. Mutualisme
Dalam simbiosis jenis ini, kedua organisme yang berinteraksi sama-sama mendapatkan keuntungan. Contoh simbiosis mutualisme misalnya antara lebah dan bunga. Lebah mendapatkan madu dari bunga. Ketika menghisap madu tersebut, serbuk bunga melekat pada lebah. Jika lebah tersebut berpindah bunga, serbuk bunga yang telah melekat pada lebah akan melekat pada bunga yang lain. Terjadilah penyerbukan oleh lebah.
2. Komensalisme
Dalam simbiosis komensalisme, salah satu organisme diuntungkan, tetapi organisme lain tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contoh simbiosis komensalisme adalah tanaman anggrek yang tumbuh menempel pada inangnya. Tanaman anggrek mendapatkan keuntungan berupa rumah tinggal, sedangkan inangnya tidak mendapatkan keuntungan apapun dan tidak dirugikan.
3. Parasitisme
Dalam simbiosis ini, salah satu organisme mendapatkan keuntungan tetapi organisme lainnya dirugikan. Contoh simbiosis parasitisme adalah tali putri dengan inangnya. Tali putri mendapatkan keuntungan dengan cara menghisap bahan makanan dari inangnya. Sedangkan inangnya dirugikan karena makanannya diambil.
4. Amensalisme
Dalam simbiosis amensalisme, salah satu organisme dirugikan tapi organisme lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contohnya adalah jamur Penicilium yang mensekresikan penisilin dengan bakteri. Penisilin mampu membunuh bakteri. Sehingga bakteri dirugikan, tetapi jamur Penicillium tidak mendapatkan keuntungan maupun kerugian.
2 5 2