Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-30T14:09:08+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
A. PBB turut berperan menyelesaikan pertikaian Indonesia-Belanda dalam Perang Kemerdekaan (1945-1950) dengan mengirimkan KTN dan UNCI.
b. PBB berjasa menyelesaikan pengembalian Irian Barat ke pangkuan RI denganmengirim misi UNTEA.
c. PBB banyak memberikan bantuan dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya melalui organisasi khusus, seperti IMF, IBRD, UNESCO, WHO, dan sebagainya.
2014-04-30T14:09:15+07:00
Keanggotaan di PBB banyak manfaatnya, salah satunya ngejalanin tugas yang ada di alinea 4 Pembukaan UUD 45 yang "menjaga ketertiban dunia". Contohnya waktu pembahasan masalah Iran. Indonesia sebagai anggota Dewan Keamanan tidak tetap PBB mengambil opsi abstain. Yup, pengaruhnya memang tidak sesignifikan kalau Indonesia menolak opsi memberikan resolusi/sanksi ke Iran, tapi itu saja sudah merupakan suatu usaha yang bernilai untuk memberikan perimbangan kekuatan dunia supaya negara yang merasa adidaya tidak lebih merasa arogan.

Keanggotaan PBB ini juga berkait erat dengan penyelesaian masalah2 negara bertetangga. misalnya Indonesia dan Malaysia. dengan keanggotaan di PBB kemungkinan mengambil dukukungan dari negara2 lain untuk penyelesaian suatu sengketa lebih terbuka dan akhirnya membantu penyelesaian masalah tersebut, baik yang udah masuk ke pengadilan internasional ataupun belum.

Cukup banyak dan panjang kalau dijelaskan. lebih bagus kalau kamu mau membaca tentang geopolitik dan geostrategi. itu semua berkaitan.

sebagai anggota PBB, negara kita punya banyak keuntungan. diantaranya, Indonesia bisa mempublikasikan potensi bangsa untuk segala jenis kepantingan, semisal kepantingan ekonomi, politik luar negeri atau pendidikan dan kesehatan. selain itu, pengakuan negara dimata dunia juga semakin mudah dengan dukungan-dukungan negara di dunia, sehingga negara kita memiliki pengakuan internasional. dan banyak lagi....