Jawabanmu

2014-04-30T11:31:50+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Sebagai Salah Satu Perintis Organisasi ASEAN
Kerja sama antarnegara butuh suatu landasan yang kuat. Tanpa adanya suatu landasan kuat, kerja sama yang dilakukan tidak akan berumur lama atau bahkan tidak mungkin terwujud. Biasanya, landasan kerja sama tersebut berupa piagam kesepakatan yang ditandatangani oleh masing-masing negara yang bersangkutan.

Penyumbang Penting Gagasan Stabilitas Asia Tenggara
Pada awalnya organisasi ASEAN mengutamakan kerja sama ekonomi. Akan tetapi organisasi kerja sama regional ini dalam perjalanan selanjutnya tidak dapat lepas dari (pengaruh) situasi kawasan  Asia Tenggara itu sendiri. Ada masalah internal ada juga masalah eksternal di kawasan Asia Tenggara.

Sebagai Penyelenggara KTT ASEAN Pertama
KTT ASEAN pertama berlangsung di Bali tanggal 23-25 Februari 1976. Dalam KTT tersebut dihasilkan dua keputusan penting berkaitan dengan situasi kawasan Asia Tenggara. Masing-masing 1) Declaration of ASEAN Concord dan 2) TAC (Treary of Amity and Cooperationin Southeast Asia) atau perjanjian persahabatan dan kerja sama.

Ikut Aktif Menjalin Hubungan ASEAN dengan Negara- negara Maju
Salah satu wujud dari cita-cita meningkatkan kesejahteraan segenap masyarakat Asia Tenggara adalah penyelenggaraan berbagai hubungan. ASEAN dalam hal ini menjalin hubungan dengan negara-negara maju maupun organisasi internasional yang lain, terutama di bidang ekonomi.
1 5 1
2014-04-30T11:40:10+07:00
1. Indonesia Sebagai Pelopor Berdirinya ASEAN
2
. Komite Keamanan ASEAN
3. Indonesia sebagai Penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN I
4.
Ikut mensukseskan Visit ASEAN Year 1992
5. Di Aceh dibangun Industri pupuk urea ASEAN
6.
Ikut memerangi peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang lainya.
7. Membangun jaringan kabel laut antara Indonesia dengan Singapura tahun 1980 yang disusul oleh negara anggota ASEAN lainnya.
1 5 1