Jawabanmu

2014-05-04T15:32:42+07:00
1. Pengendalian kelompok terhadap kelompok terjadi pada suatu kelompok mengawasi perilaku kelompok lain. Misalnya, polisi sebagai satu kesatuan mengawasi masyarakat agar tercipta keamanan dan ketertiban.
2. Pengendalian kelompok terhadap anggota-anggotanya terjadi apabila suatu kelompok menentukan perilaku-perilaku anggotanya. Misalnya, kelompok guru mendidik dan membimbing siswanya.
3. Pengendalian pribadi terhadap pribadi lainnya, yakni individu mengadakan pengawasan terhadap individu lainnya. Misalnya, ibu mendidik anaknya untuk menaati aturan-aturan keluarga. Proses pengendalian demikian lazim terjadi dalam kehidupan sehari-hari, walaupun seringkali tidak disadari .
Pengendalian sosial sangat penting dalam kelangsungan hidup sosial. Bila pengendalian tidak diterapkan, maka akan mudah terjadi penyimpangan-penyimpangan sosial dan tindakan-tindakan amoral lainnya. Pentingnya penerapan pengendalian sosial, menurut Koentjaraningrat, disebabkan oleh adanya ketegangan dalam proses sosial. Ada tiga proses sosial utama yang perlu mendapat pengendalian sosial.
1. Ketegangan sosial antara adat istiadat dan kepentingan individual.
2. Ketegangan sosial yang terjadi karena pertemuan keperluan-keperluan antara golongan khusus.
3. Ketegangan sosial yang terjadi karena golongan penyimpang sengaja menentang tata kelakuan. Pengendalian ini bertujuan untuk mencapai keserasian antara stabilitas dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat.