Jawabanmu

2014-04-30T04:34:31+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Langkah-langkah dan konfigurasi yang dilakukan adalah sebagai berikut :
Lakukan konfigurasi pada Router R1, sesuaikan IP Address dan interface yang digunakan serta berikan encapsulation dot1Q pada masing-masing interface guna mengaktifkan konfigurasi VLAN pada router R1, seperti gambar dibawah iniUntuk mengecheck konfigurasi pada Router R1 setelah melakukan konfigurasi di atas, maka ketikkan perintahshow running-configpada CLI Router Cisco anda dan pastikan sudah disetting IP Address dan Encapsulation dot1Q seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya melakukan konfigurasi VLAN / tagging VLAN pada switch manageable seperti gambar berikut:

Lakukan pengecekkan tagging vlan yang telah dilakukan tadi dengan mengetikkan perintahshow vlan briefpada CLI (Command Line Interface) swicth manageable Cisco yang dikonfigurasi tadi, dan pastikan vlan sudah di tagging aktif pada masing-masing interface seperti tampilan berikut.

Melakukan pengujian koneksi pada interface virtual yang sudah di tagging pada  interface fa0/0.x denganencapsulation dot1Q pada router R1 dengan cara melakukan ping terhadap masing-masing IP Address yang sudah dikonfigurasi sebelumnya dan pastikan success seperti gambar berikut ini.

Tahap selanjutnya pengujian koneksi dengan cara melakukan ping dari CLI Router R1 ke IP Address salah satu PC client yang terdapat pada masing-masing jaringan VLAN dan pastikan koneksi success seperti gambar di bawah ini.

Tahap selanjutnya adalah penguujian koneksi antar semasa PC pada masing-masing VLAN,
dan pastikan success seperti pengujian di bawah ini :

- Pengujian koneksi dengan melakukan ping dari PC client VLAN 1 ke PC Client VLAN 2.

- Pengujian koneksi dengan melakukan ping dari PC client VLAN 2 ke PC Client VLAN 3.
-Pengujian koneksi dengan melakukan ping dari PC client VLAN 3 ke PC Client VLAN 4.
-Pengujian koneksi dengan melakukan ping dari PC client VLAN 4 ke PC Client VLAN 5.
- Pengujian koneksi dengan melakukan ping dari PC client VLAN 5 ke PC Client VLAN 1.