Sebatang logam mempunyai massa 100 gr. logam tersebut dipanaskan hingga suhunya mencapai 100°c dan dimasukan ke dalam bejana yang berisi 200 gr dan suhunya 20°c. jika temperatur akhir campuran 40°c dan kalor jenis air 4.200 j/kg K, maka kalor jenis logam tersebut adalah...


plis buat solusinya
tlg di jwab y

2
ini
dik:
massa logam=100gr
t2=100'c
massa bejana = 200 gr
t1=2'c
C(air)= 4200J/KgK = 1 kal/g'c
peny:
Qlepas=Qditerima
massa.C.(deltaT)logam = massa.C(air). (deltaT)
100. Clogam. (100-40) = 200 . 1 . (40-20)
Clogam . 6000 =4000
kalorjenis logam (Clogam) = 4000/6000
= 0.67 kal/gr'c

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-29T22:06:25+07:00
McΔT = McΔT
100g .x. (100°-40°) = 200g . 4200.(40°-20°) 
6000x = 4000.4200
x = 16800000/6000
x = 2800 j/kgK

x itu yang kita cari atau bisa diganti dengan apa aja terserah
ini pake rumus asa black
Qlepas=Qditerima
Q= massa (disingkat m) x C kalor jenis (C) x Delta T biasa disebut perubahan suhu (simbolnya segitiga trus huruf T besarkurang lebih kayak gini AT)
rumusnya Q1 = Q2
Q = Mc/\T
jadi (Mc/\T)1 = (Mc/\T)2
ohyya thx y :)
y sama2
2014-04-29T22:13:06+07:00
Ini
dik:
massa logam=100gr
t2=100'c
massa bejana = 200 gr
t1=2'c
C(air)= 4200J/KgK = 1 kal/g'c
peny:
Qlepas=Qditerima
massa.C.(deltaT)logam = massa.C(air). (deltaT)
100. Clogam. (100-40) = 200 . 1 . (40-20)
Clogam . 6000 =4000
kalorjenis logam (Clogam) = 4000/6000
= 0.67 kal/gr'c

hsilnya salah
jwaban yg bner?
2.800 J/kg k
mnurutaku, satuan kalor jenis sama massa dan suhu beda jadi jawabannya gak boleh gitu
di soal chos saya gk ad hsil punya kmu itu