Jawabanmu

2014-04-29T21:26:37+07:00
1. Perbedaan tradisi lokal. Tidak seperti agama2 semit, masuknya Hindu dan Buddha tidak menghancurkan kebijaksanaan tetua2 (leluhur) orang2 lokal. Contohnya di Tibet, masuknya Agama Buddha tidak menghancurkan agama asli orang sana, yaitu Agama Bon, tapi malahan keduanya menyatu dengan sempurna. Di Jepang masuknya Agama Buddha tidak menghancurkan agama asli orang sana, yaitu Agama Shinto dan orang Jepang memeluk kedua agama ini bersama-sama tanpa masalah.

2. Perbedaan istilah-istilah, padahal maksudnya sama saja. Contohnya, kalau di hindu istilahnya ahamkara (ego), di Buddha istilahnya kemelekatan, keinginan. Atau dalam Hindu disebut Dharma, Nirvana, dalam Buddha disebut Dhamma, Nibbana (perbedaan bahasa sansekerta dan pali). Atau dalam Hindu mantram Paramashanti (kedamaian yang maha utama) : "om shanti shanti shanti om"... Agar semua yang ada di alam semesta ini dalam keadaan damai. Kalau Buddha dengan ucapan : “may all being be happy” (semoga semua berbahagia). Dll.

3. Kalau dalam Buddha, kosong (sunya, sunyata) dijelaskan, sedangkan dalam Hindu menjadi bagian dari pengetahuan rahasia, yang tidak dicantumkan dalam kitab-kitab (kecuali Veda-bila anda teliti- dan Upanishad), yang hanya diajarkan dari mulut ke mulut -guru ke murid-.

4. Kalau dalam Hindu Brahman (Tuhan) dijelaskan sebagai acintya (tidak terpikirkan). Saat mencapai moksha (nirvana), Atman (seseorang) menyatu dengan Brahman. Sementara Buddha lebih memilih diam saat ditanya tentang Tuhan.

5. Penganut Hindu di Bali secara tradisional tekun di jalan Bhakti Yoga, dimana jalan Bhakti Yoga ini tidak menonjol dalam ajaran Buddha.
Komentar sudah dihapus
aku mau cepat tamat....
Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus
2014-04-29T21:49:51+07:00
Agama hindu tidak ada sistem kasta
agama budha tidak ada

agama hindu beribadah di pura
agam budha di wihara

agama hindu menyembah banyak dewa dan tri murti
agam budha menyembah 1 dewa yaitu sidharta gautama

agama hindu kitabnya weda
agama budha kitabnya tripitaka

agama budha ada biksu,upasaka, upasika, biksuni
agama hindu ada catur warna : pembagian 4 golongan

agama hindu hari raya nyepi
agama budha waisak

Candi Hindu berbentuk lebih kecil dan melancip di bagian atasnya. Meskipun kecil, biasanya dalam satu kawasan terdapat beberapa candi, misalnya Candi Prambanan, Candi Mendut, dan Candi Gedongsongo. Sedangkan Candi Budha berbentuk sangat besar dan melebar, bentuknya mirip bunga teratai yang merekah.Hanya ada satu candi dalam satu kawasan. Contohnya candi Borobudur.

Candi Hindu dihiasi oleh arca dewa-dewi Hindu seperti Dewa Brahmana, Syiwa, Wisnu, Ganesha, dan lain-lain. Sementara candi Budha dihiasi oleh arca Sidharta Gautama yang sedang bersemedi.