Jawabanmu

2014-04-29T22:14:02+07:00
1. Ekonomi Pasar/Bebas/klasik/neoliberal/liberal
  Ekonomi yang berbasis pada pasar, maksudnya, pada ekonomi tipe ini, pasar adalah penentu semua kegiatan ekonomi, yang berarti pasar mengendalikan hampir semua kegiatan ekonomi di negara itu. Kalau sudah berbicara mengenai pasar, berarti lebih pada upaya kuat-kuatan modal, kalau sudah berbicara mengenai modal, berarti banyak-banyakan mencari untung.
Pada ekonomi jenis ini, semua orang bebas melakukan apa saja, menguasai apa saja untuk kepentingan pribadinya.(contoh: Amerika, Inggris, negara2 barat)

2. Ekonomi komando
Intinya, ekonomi jenis ini membatasi usaha berusaha warga negara. Negara mempunyai kekuasaan mutlak atas perekonomian dinegara itu, penguasaan modal, penguasaan bahan baku hingga jenis barang apa yang ingin diproduksi harus atas instruksi pemerintah. (contoh: Rusia-dulu ya-, Cina, Korut)

Dan sebenarnya didunia ini tidak ada 1 pun sistem ekonomi yang benar2 penerapannya murni seperti konsep yang ada di buku2. akhir2 ini banyak terjadi pergeseran yang jelas dan nyata melihatkan mereka tidakmurni menganut sistem ekonomi yang mereka bangga2kan.

dan, sebenarnya ada 1 lagi sistem ekonomi yaitu ekonomi kerakyatan (ekonomi pancasila) dimana kesejahteraan masyarakat adalah tujuan utama.
3 4 3
maaf, yang saya tanyakan yang dianut negara di Asia Tenggara. bukan pengertian sistem Ekonomi. Terimakasih