Yang mau ikut SBMPTN, silahkan latihan soal ini dulu yak :)

1. Jika diketahui cos \frac{1}{2} \alpha = \sqrt{ \frac{x + 1}{2x} }, maka  x^{2} - \frac{1}{ x^{2} } adalah...

2. Diberikan sebuah sistem persamaan  x^{2} - xy + y^{2} dan x - xy + y = -1, maka nilai x + y adalah....

3. Diketahui sebuah data terdiri dari n bilangan asli yang pertama. Jika salah satu data dihapus, rata-rata data yang tersisa adalah  \frac{61}{4} , maka nilai n = ....

2
:D
mantap semuanya
hehehe
sbmptn itu soalnya susah2 ya?
lumayan, kalo dimisalkan main guitar hero 2 extreme, levelnya very hard pake hyper speed lagunya freya :3

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-30T11:48:49+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Jawaban Soal Nomer 1 :
cos( \frac{1}{2} \alpha ) =  \sqrt{ \frac{x+1}{2x} }

cos^{2}( \frac{1}{2} \alpha ) =   \frac{x+1}{2x}

cos^{2}( \frac{1}{2} \alpha ) =   \frac{1}{2x} +  \frac{1}{2}

cos^{2}( \frac{1}{2} \alpha )- \frac{1}{2}  =   \frac{1}{2x}

cos^{2}( \frac{1}{2} \alpha )- \frac{1}{1}  =   \frac{1}{x}

cos^{2}( \frac{1}{2} \alpha )- 1 =   \frac{1}{x}

rubah\,\, : cos^{2}( \frac{1}{2} \alpha )- 1 \,\,menjadi : cos\, \alpha

cos\, \alpha  =   \frac{1}{x}

Sehingga :

 x^{2} -  \frac{1}{ x^{2}}\,\,\,\,\,\,\,\,[masukkan\,\,nilai\,\,x],sehingga:

= cos^{2} \alpha  -  (\frac{1}{cos \alpha })^{2}

= cos^{2} \alpha  -  sec^{2}  \alpha

= (1-sin^{2} \alpha)  -  (tan^{2}  \alpha + 1)

= 1-sin^{2} \alpha  -  tan^{2}  \alpha - 1

= -sin^{2} \alpha  -  tan^{2}  \alpha

= sin^{2} \alpha  +  tan^{2}  \alpha


Jawaban Soal Nomer 3 :
Jika n tdk diperhitungkan :
x_{min} =  \frac{n}{2} 


Jika 1 tidak diperhitungkan :
x_{max} =  \frac{n+2}{2} 


Sehingga :
 \frac{n}{2} \leq   \frac{61}{4}   \leq  \frac{n+2}{2}

Masing-masing kali 2 sehingga :
n \leq   \frac{61}{2}   \leq  (n+2)

Maka Untuk :
n \leq \frac{61}{2}

n \leq 30\frac{1}{2}

Untuk :
\frac{61}{2} \leq (n+2)

n  \geq 28  \frac{1}{2}

Maka Untuk nilai n ialah 29 dan 30, Maka kita Uji :
Untuk n = 29 :
 \frac{61}{4} =  \frac{1+2+3+...+29-x}{28}

[rubah\,\,: 1+2+3+...+29-x\,\,menjadi:  \frac{29}{2} (1+29)-x \\ sesuai\,\,rumus\,\,: 1+2+3+...+(n-1)+n =  \frac{n}{2}(1+n) ] 

61 =  \frac{ \frac{29}{2}(1+29)-x }{7}

61 =  \frac{ \frac{29}{2}(30)-x }{7}

61 \times 7 =  29 \times 15 - x

427 =  435 - x

x = 435-427 = 8


Jadi n = 29
Semoga Membantu yak :)
kak tapi yg x min itu kan kakak tulisnya ( 1+(n-1) ) / 2 ... nah 2 nya itu darimana kak ??
@Fachmad82 : Bagaimana ya ngejelasinnya ?, soalnya rumus tsb saya tahunya memang begitu kalau Jika n tdk diperhitungkan dan Jika 1 tidak diperhitungkan, hasilnya seperti diatas. Nah coba aja pelajari konsep deret aritmatika, mungkin akan lebih mudah untuk dipahami.
Komentar sudah dihapus
oke2
2014-04-30T13:19:30+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Ada di file mas...
semoga benar
optionnya ada??