Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri. Contoh akulturasi: Saat budaya rap dari negara asing digabungkan dengan bahasa Jawa, sehingga menge-rap dengan menggunakan bahasa Jawa. Ini terjadi di acara Simfoni Semesta Raya.
Asimilasi (linguistik), adalah sebuah fenomena di mana dua fonem yang berbeda dan letaknya berdekatan menjadi sama.
Asimilasi (sosial), bercampurnya 2 kebudayaan dalam masyarakat setempat (contoh : dalam satu negara atau dalam satu keluarga), sehingga tercipta suatu budaya baru.

Jawabanmu

2014-04-29T16:32:35+07:00
Akulturasi adalah berpadunya unsur2 kebudayaan yg berbeda dan membentuk sutu kebudayaan baru tanpa menghilangkan kepribadian kebudayaannya yg asli
 
asimilasi adalah interaksi sosial dalam jangka waktu lama antara dua masyarakat,yg mempunyai kebudayaan yg berbeda.lambat-laun kebudayaan asli mereka membaur,sehingga terbentuk kebudayaan baru
2014-04-29T17:36:54+07:00
Alkulturasi adalah suatu proses sosial pada suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu di hadapkan dengan suatu unsur  kebudayaan asing.