Piramida energi
tingkat tropik IV
tingkat tropik III
tingkat tropik II
tingkat tropik I
a) apakah peranan organisme yang menduduki tingkat tropik pertama?
b) mengapa semakin tinggi tingkat tropik , jumlah organisme yang terkandung didalamnya semakin sedikit????

2

Jawabanmu

2014-04-29T13:03:00+07:00
 Tiap tingkat dari rantai makanan dalam suatu ekosistem disebut tingkat trofik. Pada tingkat trofik pertama adalah organisme yang mampu menghasilkan zat makanan sendiri yaitu tumbuhan hijau atau organisme autotrof dengan kata lain sering disebut produsen. Organisme yang menduduki tingkat tropik kedua disebut konsumen  primer (konsumen I). Konsumen I biasanya diduduki oleh hewan herbivora. Organisme yang menduduki tingkat tropik ketiga disebut konsumen sekunder (Konsumen II), diduduki oleh hewan pemakan daging (carnivora) dan seterusnya. Organisme yang menduduki tingkat tropik tertinggi disebut konsumen puncak.Dengan demikian, pada rantai makanan tersebut dapat dijelaskan bahwa :Rumput bertindak sebagai produsen.Belalang sebagai konsumen I (Herbivora)Katak sebagai konsumen II (Carnivora)Ular sebagai konsumen III/konsumen puncak (Carnivora)Jamur sebagai dekomposer.
4 2 4
Jawaban paling cerdas!
2014-04-29T13:04:22+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Tropik pertama itu produsen : untuk menghasilkan dan menyediakan makanan. (km bisa buat kalimatnya sendiri dg lebih lengkap)

mengapa semakin sedikit ?
karena arah arus energi dan materi berjalan dari biomassa besar ke biomassa kecil
6 4 6
ma kasih
sama-sama, makasih juga jadiin yang terbaik :D