Jawabanmu

2014-04-28T20:56:40+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pertama harus dicamkan dulu bahwa tidak semua BPR itu syariah, ada beberapa BPR yang menerapkan sistem konvensional juga

Meski demikian beberapa faktor berikut mempengaruhi keputusan kenapa BPR menerapkan sistem syariah

Target Market
Target BPR khususnya di bidang simpan pinjam adalah pengusaha menengah ke bawah, atau perusahaan yang aset nya di bawah 500 juta, di sini sistem syariah bisa berlaku baik karena adanya sistem bagi hasil.

Sumber keuntungan
BPR mayoritas tidak mengandalkan keuntungan dari bunga yang tinggi dari pelaku pasar besar namun cukup dari bagi hasil pelaku pelaku industri kecil yang jumlah nya banyak. Ambil contoh BPR dari bank BRI yang menghasilkan keuntungan tertinggi pada beberapa tahun belakangan ini.

Alasan Filosofi
Umumnya pelaku pasar di industri kecil ini adalh kelompok industri yang cukup religius, mereka khawatir dengan sistem riba dan dosa yang akan diterima. Oleh karena itu BPR cukup laku untuk pasar ini.
2014-04-28T21:11:02+07:00
Karena  sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia :)
Iya ta Liv??
coba lihaten di buku paket ekonomi !