Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-28T20:12:25+07:00
Isi Perjanjian Bongaya :
1. Aru Palaka dikukuhkan sebagai raja bone
2. VOC menguasai monopoli perdagangan di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara
3. Makassar harus melepas seluruh daerah bawahannya, seperti Sopeng, Luwu, Wajo dan Bone
4. Makassar harus menyerahkan seluruh benteng-bentengnya
5. Makassar harus membayar seluruh biaya perang dalam bentuk hasil bumi ke VOC
1 5 1
2014-04-28T20:12:48+07:00
A. VOC menguasai monopoli perdagangan di Sulawesi Selatan & Sulawesi Tenggara.
b. Makasar hrs melepas seluruh daerah bawahannya,Sopeng, Luwu, Wajo, dan Bone.
c. Aru Palaka dikukuhkan sbg Raja Bone.
d. Makasar hrs menyerahkan seluruh bentengnya.
e. Makasar hrs membayar biaya perang dlm bntk hasil bumi kpd VOC setiap tahun.