Jawabanmu

2014-04-28T19:40:51+07:00
Fungsi Utama Bank Dunia
Tugas utama dari Bank Dunia saat ini adalah memberikan pinjaman untuk proyek-proyek produktif demi pertumbuhan ekonomi dinegara-negara sedang berkembang yang menjadi anggotanya. Sebanyak kira-kira US$ 2,4 miliar telah diberikan oleh Bank Dunia untuk proyek proyek pembangunan di Eopa, Australia dan, New zealand selama 23 tahun terakhir ini ( dari data tahun 1970 sebanyak US$ 1,9 miliar untuk negara amerika serikat bagian barat). Pinjaman ini digunakan untuk industri pembangkit tenaga listrik, pembangunan jalan, rel kereta api, pelabuhan-pelabuhan, pendidikan, dan dalam hal-hal tertentu ditujukan untuk program pembangunan yang lebih umum termasuk impor.

 Apa Strategi Bantuan Negara?
Program Bank Dunia di setiap negara ditentukan oleh Strategi Bantuan Negara (CAS).  CAS merupakan alat utama bagi Dewan Bank Dunia untuk meninjau strategi bantuan kelompok Bank Dunia bagi peminjam-peminjam IDA dan IBRD.  Dokumen CAS membahas strategi Kelompok Bank Dunia berdasarkan pada penilaian prioritas dalam suatu negara yang memberi indikasi tingkat dan komposisi bantuan yang akan diberikan berdasarkan portfolio dan kinerja ekonomi negara yang bersangkutan.
Dengan demikian CAS memiliki nilai strategis oleh karena dokumen tersebut akan mengarahkan keseluruhan rencana usah dan operasi pinjaman dari Kelompok Bank Dunia pada suatu negara.Sebuah CAS umumnya dipersiapkan setiap tiga tahun bagi setiap Negara operasi WB. Dokumen-dokumen tersebut akan diajukan kepada Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia untuk ditinjau.