Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-28T19:01:59+07:00
Perkembangan lembaga pendidikan dan pengajaran di masjid-masjid kesultanan di Nusantara sangat ditentukan oleh dukungan penguasa. sultan bukan saja menandai kegiatan-kegiatan masjid,tetapi juga mendatangkan para ulama , baik dari mancanegara ,terutama timur tengah, maupun dari kalangan ulama pribumi sendiri. Hubungan antar kerajaan Islam misalnya Samudra pasai, Malaka dan Aceh Darussalam sangat bermakna dalam bidang budaya dan keagamaan.
Berkembanya pendidikan islam di istana-istana raja seolah menjadi pendorong munculnya pendidikan dan pengajaran di masyarakat.Setelah terbentuknya ulama hasil didikan dari istana-istana, maka murid-muridnya melakukan pendidikan ke tingkatan yang lebih luas, dengan dilangsungkannya pendidikan di rumah-rumah ulama untuk masyarakat umum, khususnya sebagai tempat pendidikan dasar, layaknya kuttab (lembaga pendidikan dasar di Arab sejak masa Rasulullah) di wilayah arab. sebagaimana yang biasa mengambil tempat dirumah-rumah ulama, di Nusantara penidikan dasar berlangsung di rumah-rumah guru.
Berkembangnya pendidikan dan pengajaran islam telah berhasil menyatukan wilayah Nusantara yang sangat lua. Dua hal yang mempeercepat proses itu yakni penggunaan aksara Arab dan bahasa Melayu sebagai bahasa pemersatu.
1 5 1